Review Drama ‘Signal’ (2016)


Oke, kali ini aku balik bawa review drama. Udah lama banget kayaknya sejak terakhir kali aku review drama, soalnya aku lebih suka film sih daripada drama. Mengingatnya itu susah, maklum, memori jangka panjangku agak bermasalah wkwkwk. 


Drama yang akan ku-review sekarang adalah ‘Signal’. Pernah denger? Pasti dong, karena drama ini di-remake ke versi Jepang, yang OST-nya adalah lagu Don’t Leave Me milik BTS. Kalau ditanya apakah ini recommended, aku akan jawab, ini sangat-sangat recommended. Kamu-kamu entah ARMY atau bukan, wajib nonton drama ini. 

Baca juga: Lirik Lagu BTS - Don't Leave Me [Terjemahan Indonesia]

Intinya, drama ini mengisahkan tentang seorang polisi bernama Park Hae Young yang secara tidak sengaja menemukan walkie-talkie jadul yang tidak tahunya menghubungkan dirinya dengan detektif Lee Jae Han di masa lalu. Jarak waktu di antara mereka sekitar 20 tahun. Pertama kali walkie-talkie itu berbunyi, Lee Jae Han ada di tahun 2000, sementara Park Hae Young di tahun 2015, di mana detektif Lee Jae Han sedang menyelesaikan kasus penculikan teman SD Park Hae Young. 

Gara-gara komunikasi tidak terduga melalui walkie-talkie itu, Park Hae Young yang sebelumnya cuma jadi polisi biasa, kini masuk Tim Kasus Dingin untuk menyelesaikan semua kasus di masa lalu yang belum terungkap. Episode 1 adalah awal mula Tim Kasus Dingin dibentuk. Park Hae Young bersama dengan Detektif Cha Soo Yeon berhasil menemukan penculik dan pembunuh teman SD Park Hae Young yang hilang 20 tahun lalu. Semenjak itulah undang-undang pembatasan kasus lama dihapus sehingga dibentuklah tim khusus yang akan menyelesaikan kasus-kasus dingin. 

“Saat masa lalu berubah, maka masa depan pun akan berubah.” Itu adalah quote utama dari drama ini. Menggunakan walkie-talkie jadul, Park Hae Young dan detektif Lee saling berkomunikasi untuk bekerja sama menyelesaikan kasus dingin. Kasus-kasus itu di antaranya adalah pembunuhan berantai di tahun 1989, kasus pencurian di rumah mewah, kasus jalan Hangwon-dong, dan yang paling berbahaya adalah kasus pemerkosaan siswi SMA di Injoo tahun 1999. 

Adanya komunikasi tidak terduga antara Park Hae Young dan detektif Lee ini akan mengungkap banyak fakta yang terkubur sebelumnya, dimulai dari fakta kematian Park Sun Woo (kakak Park Hae Young), pelaku utama dari kasus Injoo, dan alasan hilangnya detektif Lee selama lebih dari 15 tahun. 



Afterall, cerita ini cocok banget buat kamu-kamu pecinta misteri. Enggak lebay, seriusan. Cinta-cintaannya pun cuma seujung kuku, dikit banget. Paling-paling cuma dipake selingan aja, kayak kisah cinta antara detektif Lee sama detektif Cha, duh itu bikin gemes. Malah, tokoh utama, Park Hae Young, nggak punya kisah romansa sama sekali hiks. Padahal aku berharap nikah aja sama detektif Cha haha. 

Baca juga: [Terjemahan] Ucapan Selamat dari BTS untuk Merayakan 50 Tahun Debut Cho Yong Pil

Drama ini menjadi drama terbaik di tahun 2016. Karena selain memang fokus pada misteri kasus-kasus dingin, rupanya kasus-kasus itu berdasarkan kasus nyata yang pernah ada di Korea. Kasus itu diantaranya adalah pembunuhan berantai di tahun 1989-1991 di mana 10 perempuan diperkosa dan dibunuh, serta kasus runtuhnya jembatan Seongsu di tahun 1994. Di mana kasus-kasus itu ternyata belum terpecahkan. Tapi di sini dipecahkan secara fiksional oleh penulis veteran Kim Eun Hee. 

Aku nonton drama ini maraton loh. Gimana ya, ngga rela aja gitu pas udah abis satu episode, mesti gantung, bikin penasaran. Pernah semalem aku ngabisin 5 episode, baru tidur jam 2 pagi heu. Tegangnya dapet. Tapi perlu diperhatikan, ini nggak cocok buat anak di bawah 18 tahun ya. Banyak darah, mayat, pembunuhan, terlalu berisiko. 

Baca juga: [Terjemahan] Interview BTS Tentang Lagu 'Don't Leave Me' dan Pengertian Ringwanderung

Efek samping drama ini buat aku pribadi, bikin aku jadi was-was gitu, gampang parno. Di dramanya terlalu banyak kejutan mayat, darah, secara aku fobia banget sama yang kayak gituan. Jadi sekarang kalo kaget itu jantung rasanya lemah hiks. Bener-bener jangan ditonton untuk anak di bawa umur, termasuk yang punya jantung lemah. 



Selain karena BTS, aku nonton ini karena ada Chani!! >_< Tau nggak siapa itu? Itu loh, member SF9. Sebelum debut SF9 dia udah sering membintangi banyak drama/film Korea. Dia aktor favoritku loh, meskipun kelahiran 2000 :”) tak mengapa. Di drama ini dia berperan jadi Park Sun Woo, kakaknya Park Hae Young. Sayangnya Park Sun Woo di sini mati pas masih muda hiks. Gapapa deh, pokoknya ada Chani!! 

Udah segitu aja review-nya. Kalo disuruh kasih rating bintang 1-5, aku pribadi akan ngasih bintang 5. Ini baru drama misteri yang sesungguhnya. Lagu OST aja nggak ada loh, cuma suara biola aja yang membuat kesan thiller-nya makin kerasa. Tapi percayalah, pas kamu nonton ini, kamu pasti akan kebayang lagu Don’t Leave Me. 

Makasih udah mampir ^_^