Fakta BTS Update Januari 2018 (#4)


[16/01/18]

1. Seorang k-netz menulis tentang BTS di situs Pann. “Aku bukan penggemar BTS, aku hanya pernah melihat mereka secara singkat selama hari-hari trainee mereka. Aku tidak bisa mengatakan siapa itu, tapi semua yang mereka lakukan ketika mereka lari dari dorm mereka adalah makan makanan yang disiapkan oleh teman mereka untuk mereka di rumah teman tersebut. Itu bukan karena mereka sedang diet, tapi karena mereka benar-benar berjuang secara ekonomi. Mungkin sekarang mereka seperti punya segalanya, tapi mereka adalah grup yang bertahan dengan kuat (terhadap) waktu sulit dan datang pada titik ini dengan meraih pengakuan sedikit demi sedikit. Jika aku menjadi mereka, aku tidak akan punya kontrol diri, belajar dan hidup melalui kesulitan untuk waktu yang lama. Aku pasti hanya bermain sebagai seorang trainee … Orang-orang yang tahu tentang ini mengatakan bahwa BTS tidak akan berantakan. Itu karena mereka dengan kontinu menghabiskan waktu yang panjang menahan (kesulitan) lagi dan lagi seolah mereka adalah idiot. Aku bukan penggemar siapa-siapa, tapi aku meninggalkan komentar ini di sini karena aku penasaran jika seseorang akan sanggup nge-diss BTS seperti itu jika mereka adalah kenalan BTS.”

2. Mic Drop (remix Steve Aoki) menjadi BGM dari trailer drama Amerika  ‘Silicon Valley’ untuk Season 5.

3. Single Jepang BTS (Mic Drop, DNA & Crystal Snow) menjadi satu-satunya artis luar Jepang yang menerima Double Platinum. Dimana single itu sudah melampaui 500.000 penjualan.

4. I-ARMY mempopulerkan hashtag Fine Dust dengan harapan supaya BTS dan K-ARMY baik-baik saja dari debu yang ada di Seoul.

5. [MBC News] BTS kembali berada di posisi #1 selama 3 bulan pada survey yang mengevaluasi nilai brand boy grup. Analisa ini dipengaruhi dengan rekor mereka di GDA dan rangking di Billboard Hot 100 selama 6 minggu. 



6. [Suga tweet] “Fanmeeting-nya menyenangkan, sekarang aku akan kembali ke dunia peri.”

7. [14/01/18] “ARMY, aku mewarnai rambutku, bagaimana? Kemarin di fanmeeting, kata-kata yang ada di pikiranku tidak dapat terungkap dengan baik, jadi aku menulisnya di catatanku kemarin saat subuh. Aku mengingat semuanya. Aku mungkin melupakannya saat perform, tapi aku akan tetap mencoba. Perbedaan akan kebahagiaan yang aku rasakan sebelum dan sesudah aku bertemu ARMYs dan Bangtan sangat besar! Ketika aku melihat panggung, dan ketika aku melihat ARMYs, aku menjadi sangat bahagia dan itu angat menyenangkan. Dan aku menjadi bersyukur pada tingkat dimana aku berpikir, “disana banyak orang-orang hebat untukku yang seperti ini,” dan aku tidak bisa mengekspresikan rasa terima kasihku dengan kata-kata. Kapanpun disana terdapat perjuangan dan kesedihan, mereka akan menjadi lebih kecil jika kita membagi dan berbicara tentangnya dan aku bahagia bahwa aku bisa memperlihatkan padamu sebuah penampilan keren sebagaimana kami menjadi lebih kuat. Apa yang bisa kamu jmin adalah kami mencintai kalian sampai sekarang, kami mencintai kalian, dan kami akan tetap mencintai kalian bahkan lebih di masa depan. Jadi ARMYs, aku sungguh mencintai kalian.” –V (ment di 4th Muster D-2)



8. [Fakta BTS 4th Muster] JM: “Hai, aku peri yang datang dari dunia peri!”
JK: “Hai, aku maknae dari peri-peri.”
SJ: “Aku di sini, aku di sini! Hai aku peri narasi.”
SG: “Aku Suga.”
V: “Aku ayah dari Tata BT21.”



9. [Fakta BTS 4th Muster] “Apa kalian menyukainya? Aku menyukainya juga. Ini sangat dingin. Aku tidak tahu jika kami membuat kalian hangat di hari yang dingin seperti hari ini, tapi aku menjadi sangat hangat setelah bertemu kalian semua. Aku berharap untuk tampil di tempat besar seperti ini di sini di masa mendatang juga dan berharap kami akan bahagia seperti ‘happy ever after’.” –JK (ment) 


10. [Fakta BTS 4th Muster] “Aku punya rahasia … aku bukan peri, sebenarnya aku adalah malaikat.” –JM 

11. @july_U_ : “Ya Tuhan! Aku tahu kalau penjualan album Love Yourself tinggi tapi tidak bisa membayangkannya, tapi kelihatannya kalau kamu menumpuk album-album yang terjual itu, maka akan setinggi 37 tower Lotte World. Ini sampai batas tertentu dimana kamu bisa pesan ayam setiap hari untuk 3835 tahun.”



12. [Fakta BTS 4th Muster] puisi akrostik dengan ‘kkaep jjang’ ala Yoongi. 
Kkaep: “kalian kkaepjjang!”

Jjang: “kalian jjang, ARMY.”

13. TOP 10 Best stage outfit (semuanya hampir BTS kecuali #7 & #9)
#1 Gayo Daejejeon concept trailer
#2 I Need U [30/04/2015]
#3 Inkigayo Not Today [26/02/2017]
#4 MAMA Mic Drop suit [01/12/2017]
#5 Bangtan Kid Scout (pink outfit di Festa) [13/06/2017]
#6 Japan fansign Baepsae [14/12/2016]
#8 Classroom idea [29/12/2016]
#10 Gayo Daejejeon BS&T [31/12/16]  

14. Jimin bilang hapenya itu pake kunci ID wajah. Tapi baru-baru ini hapenya ga bisa dibuka karena dia pake make up. 

15. Kalian masih inget pas era Blood Sweat & Tears, dimana bajunya Jungkook robek? Nah, katanya dia, baju itu adalah outfit terbaik di era BS&T. 

16. Best stage outfit versi ARMY. #1 concept trailer [seragam polisi]. Karena ARMY suka itu, Jungkook bikin janji kalau dia bakal pake seragam polisi ke bandara. Trus Jimin tiba-tiba bilang, “kalau Jungkook pake seragam polisi, maka Suga akan pake baju pink (dari Festa).” | Suga: “Apa?! Aku?!”

17. [Fakta BTS 4th Muster]  Outfit panggung favorit BTS: 
V: “Baju yang aku pake sekarang”
SG: “Baju debut. Aku ingin memakainya lagi.”
JH: “Street-style, baju Mic Drop.”
JK: “Atasan BS&T karena kancingnya lepas.”
RM: “Aku sudah tahu seleranya ARMY, seragam polisi dan seragam sekolah.”

18. [Fakta BTS 4th Muster] Taehyung & Jungkook main “butt push fight” dan dimenangkan oleh Jungkook. 

[17/01/18]
19. [Fakta RUN! BTS Episode 36] Di episode ini BTS harus bikin variasi masakan dari kimchi yang mereka buat di episode sebelumnya. 

baca juga: Fakta BTS Update Januari 2018 (#3)

20. [Fakta RUN! BTS Episode 36] BTS dibagi dalam 2 tim. Suga dan Jimin disuruh milih antara radish kimchi atau nabe kimchi. Suga pinginnya masuk tim radish kimchi, tapi dia malah masuk tim nabe kimchi bareng trio Kim. Sementara Jimin masuk tim radish kimchi bareng Jungkook dan J-hope. 

21. [Fakta RUN! BTS Episode 36] Masakan yang mereka buat itu akan jadi menu makan siang mereka. Jimin bilang dia nggak sarapan untuk menantikan acara makan-makan ini. 

22. [Fakta RUN! BTS Episode 36] Tim nabe harus bikin tonkatsu kimchi nabe dan kimchi jjapchae, sementara tim radish harus bikin nasi goreng kimchi dan sup kimchi yang ditambah daging babi. 

baca juga: [Fakta BTS 2018 #9] Hashtag #ArmyDay Trending Worldwide di Twitter, Ada Apa Sih?

23. [Fakta RUN! BTS Episode 36] J-hope hampir aja masukin sirup jagung(?) padahal seharusnya minyak. 

24. [Fakta RUN! BTS Episode 36] Suga bagian bikin tonkatsu kimchi nabe, Jin bagian bikin kimchi jjapchae. 

25. [Fakta RUN! BTS Episode 36] Suga ngajarin Taehyung bikin tonkatsu. 

26. [Fakta RUN! BTS Episode 36] Jimin: “Hyung, buat tonkatsunya yang enak ya.” (ke Suga)

27. [Fakta RUN! BTS Episode 36] Suga bilang masakannya kayak makanan Jepang. Pas J-hope dan RM nyoba, mereka langsung teriak, “Tokyo!!”

28. [Fakta RUN! BTS Episode 36] Jimin dan J-hope sepakat kalau sup kimchi mereka enak banget. Bahkan mereka berniat jual itu sup kimchi nya. 

29. [Fakta RUN! BTS Episode 36] “Ayahku bilang, kalau masak nasi goreng itu nggak boleh berhenti ngaduk. Aku suka banget nasi goreng buatan ayahku.” –Jungkook 



30. [Fakta RUN! BTS Episode 36] Saat ngaduk bihun/mie untuk jjapchae, Jin sama Namjoon gentian ngaduk karena panas. 

31. [Fakta RUN! BTS Episode 36] Dapur yang dipakai adalah dapur yang sama saat episode dimana Taehyung menemukan mangkuk yang ada tupainya dan Jungkook dengan sweet potatonya yang nempel di piring. 

32. [Fakta RUN! BTS Episode 36] 2 manager dan 3 director BTS-lah yang menentukan tim mana yang jadi pemenang. Dan yang menang adalah tim nabe dengan 4 vote. 

33. [Fakta RUN! BTS Episode 36] Tim radish harus bersih-bersih setelah makan. 

34. [Fakta RUN! BTS Episode 36] Jimin bilang dia itu suka bersih-bersih, tapi nggak bisa bersih-bersih bajunya. 

35. [Fakta RUN! BTS Episode 36] Taehyung hampir aja masak nasi instan di oven. Sama Jin dibolehin tapi sama writer RUN BTS ga boleh. 

36. Berhati-hatilah dengan fansite @pegasus0218. Dia adalah fansite yang punya reputasi jelek di antara ARMY China. Dia adalah fansite J-hope. Jangan ikut-ikutan projeknya. 

37. [Fakta BTS 4th Muster] Jin nge-dance freestyle pas J-hope nge-beat box. 

38. Jungkook meng-cover lagu Breathe (Lee Hi) yang dibuat oleh Jonghyun. 

baca juga: Jungkook BTS - Breathe "Lee Hi" (Cover 2018)

39. [Fakta RUN! BTS Episode 36] V ngajarin caranya mecahin telur ke kamera. Dan gagal karena ada cangkang telur yang jatuh di mangkuk. 

40. [Fakta RUN! BTS Episode 36] Suga mempercaya V untuk bikin adonan tempura. Dan V keliatan kaget karena Suga mempercaya dia. 

41. [Fakta RUN! BTS Episode 36] Taehyung: “Hyung, gimana caranya bikin adonan tempura?” | RM: “Searching aja di Naver.”

42. [Fakta RUN! BTS Episode 36] JM: “Hyung, bukannya dagingnya ini kebanyakan?” | JH: “Gapapa. Potong aja semuanya. Percayalah pada chef Hope.”

43. BTS nggak ikut ISAC tahun ini. 

44. Sebuah stasiun radio terbesar di Perancis membuat sebuah stasiun radio online yang hanya untuk BTS dimana akan nge-play lagu-lagu BTS selama 24/7. Mereka bilang mereka bakal bikin untuk grup k-pop lain nanti, tapi sekarang untuk pertama kalinya mereka bikin untuk BTS aja. 



45. [Fakta RUN! BTS Episode 36] J-hope memotong sosis dengan bentuk hati. Trus ditunjukin ke Jin & V, dan mereka senyum. 



46. [Fakta RUN! BTS Episode 36] RM nanya apa dia bisa makan sosis bentuk hati yang dibuat J-hope, tapi yang beruntung justru V

47. [Fakta RUN! BTS Episode 36] Jin nggak sengaja numpahin banyak biji wijen ke masakannya. 

Cr: vlissful, @nochubaebae(IG)