[Terjemahan] BTS X YouTube Red, Burn The Stage Rilis pada 28 Maret dan Cara Menonton Tanpa Harus Membayar


Halo, saya balik lagi bawa tema terjemahan. Kenapa? Karena banyak banget artikel yang membahas BTS akhir-akhir ini, dan kayaknya bakal kurang pas deh kalau cuma ditampilkan secuplik di fakta bulanan. Jadi, aku bikin postingan sendiri karena bakal panjang banget. 

Artikel ini ditulis oleh OSEN, salah satu media besar di Korea Selatan, trus diterjemahkan dalam bahasa Inggris oleh mbak @glitter_jk, dan aku terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Tahu siapa namaku kan? 

Oke, judul artikel ini adalah BTS X YouTube Red, Dokumenter Pertumbuhan Sesungguhnya Akan Dirilis 28 Maret.

==    Dokumenter BTS “Burn The Stage” akan dirilis secara eksklusif melalui YouTube Red sebagai YouTube Red seri Original. Sebanyak 8 episode yang akan diungkap pada 28 Maret pukul 12AM KST, akan menggambarkan penampilan artis K-pop top BTS di atas panggung maupun episode behind the scene di mana mereka tumbuh dan belajar dengan usaha tak terbendung yang mereka beri.

Untuk “Burn The Stage”, seluruh tim staf telah merekam Live Trilogy Episode 3 Wings Tour BTS yang telah menjual semua arena seluruh dunia, untuk 300 hari. Mereka merekam adegan di balik panggung di mana itu tidak pernah terlihat sebelumnya, perasaan sesungguhnya dari tiap anggota, persahabatan erat mereka mengatasi semua kesulitan, dan usaha serta proses pertumbuhan mereka sepanjang dengan ikhtiar mereka untuk menjadi artis global. 

Filmnya memperlihatkan dari momen historikal saat BTS menerima Top Social Artist dari “Billboard Music Awards 2017” sampai panggung luar biasa “American Music Awards 2017” dan juga cerita di baliknya. Ada banyak rekaman yang tidak pernah kamu lihat sebelumnya dan kami mengharapkan ini untuk menawan tidak hanya ARMY global, tapi semua penggemar musik yang bahkan tidak familiar dengan musik BTS. 

Debut di tahun 2013, BTS yang telah terlibat secara aktif di YouTube, memimpin grup K-pop dengan prestasi berbeda yang menerima lebih dari 10 milyar views dengan MV resmi mereka dan video-video fan yang digabungkan. Di luar dari semua artis K-pop, BTS menetapkan penonton tertinggi di tahun 2017 dan 2018 dan juga terpilih sebagai artis Music Top 10 YouTube tahun ini. BTS yang telah mengambil dunia dengan membabi buta telah melangkah sebagai bintang global sesungguhnya dengan total views YouTube 2017 sendiri sebanyak 87% U.S (lebih dari 400M views), Brazil (300 M views), Mexico (200 M) diikuti dengan Korea.   

BTS yang membuat semua jenis rekor melalui sosmed juga menerima ‘suka’ tertinggi dengan DNA dan MIC Drop di hari perilisannya dan membuat kedua MV tersebut menempati posisi #1 dan 2 di hari yang sama di riwayat Youtube. 

Serinya yang terdiri dari total 8 episode berbeda akan dirilis pertama pada 28 Maret pukul 12AM KST dengan Epi 1 & 2. Episode terakhir, episode 8 akan ditayangkan pada 9 Mei pukul 12AM. Memulai dari ep. 2, Burn The Stage hanya akan tersedia untuk member YouTube Red saja. 

Youtube dalam merayakan rilisnya seri original BTS akan mempersembahkan promosi spesial untuk pengguna U.S dan Korea yang jika kamu bergabung di YouTube Red melalui g.co/BTSoffer, kamu akan mendapat dua bulah pertama berlangganan gratis. Promosi ini berlaku sejak 14 Maret sampai 14 April.

Nadine Zylztra, manajer asli Youtube APAC menyebutkan, “Kami bersemangat untuk memperlihatkan dokumenter sesungguhnya BTS melalui YouTube Red pada semua ARMY di seluruh dunia. Karena YouTube telah bersama BTS untuk membantu membentangkan musik mereka secara mendunia, kami senang untuk bekerja berama dan merilis seri cerita pertumbuhan dari sindrom global BTS.”

Big Hit Ent secara resmi mengumumkan, “Burn The Stage adalah seri dokumenter yang akan memperlihatkan sisi keren BTS dari kesuksesan penampilan panggung tour dunia, begitu juga kejujuran dan sisi manusia dari member BTS yang melalui saat sulit dan berjuang di balik panggung. Kami harap untuk sepenuhnya mengantarkan ketulusan dari BTS melalui seri ini pada penggemar kami ARMY maupun penonton biasa.” ==

Nah, jadi itulah penjelasannya. Jadi secara resmi, udah disebutkan sama Big Hit ataupun YouTube Red kalau pengguna US dan Korea Selatan akan mendapat free trial selama 2 bulan, dalam kata lain, mereka ngga perlu bayar untuk nonton semua episodenya. 

“Enak banget ya mereka, jadi iri.” Sama, aku juga iri. 

Btw nih, kemarin pas ngubek-ngubek IG nyari info Burn The Stage, aku menemukan sesuatu yang mungkin bisa kalian syukuri haha. Kamu ngga usah sedih kalau tinggal di Indonesia dan ngga dapet special promotion kayak yang tinggal di US ataupun di SK. YouTube Red tersedia kok di Indonesia, dan menurut info yang kudapat dari akun @95skth, disebutkan bahwa “Bagi negara-negara di mana YouTube Red tersedia dan tidak memiliki promosi spesial, free trial 1 bulan tersedia. Jika kamu berlangganan YouTube Red, tolong di ingat bahwa setelah 1 bulan, kamu harus membayar biaya bulanan.”

Intinya nih, kita bisa tetep nonton mas-mas tercinta, dengan 1 bulan free trial. Lumayan bet kan? Tapi aku masih belum yakin, apa iya Indonesia tersedia? Coba dicek dulu ya, kali aja nggak tersedia.

“Tapi gimana ntar untuk bulan selanjutnya, atau ternyata ngga tersedia di Indonesia? Berarti nggak bisa nonton dong?” 

Bisa kok, tenang aja. Kita pake cara kotor, haha. Pertama, kamu harus install Hola VPN di Chrome (khusus Chrome PC), trus ganti negaranya jadi US atau SK. Kedua, kita bisa nonton dari situs pornhub *LOL*, biasanya ARMY internasional upload video-video berbayar BTS di sini, kayak Bon Voyage biar ngga kena banned. Atau ketiga, nunggu sampe ada yang upload di dailymotion, atau rulu.co. Ada yang bilang kalau nonton di rulu.co, kita bisa nonton YouTube Red secara gratis. 

Pokoknya seenak kalian ajalah pilih yang mana. Kalo aku sih, karena aku miskin dan ngga punya browser Chrome, mungkin aku bakal ambil opsi kedua dan ketiga *hiks*. 

Semoga kalian beruntung aja deh. Jangan maksa berlangganan kalo emang ngga ada duit, ARMY itu baik hati, ntar juga ada yang upload, sebulan kemudian wkwkwk. 

Oke, itu saja yang mau kubahas di sini. Semoga bermanfaat ^_^