[Terjemahan] Interview CREA X BTS Edisi Oktober


Keterangan: 
NJ: Namjoon / Rap Monster
YG: Yoongi / Suga
JK: Jungkook
TH: Taehyung / V
HS: Hoseok/ J-hope

Q: "Di saat menulis lirik, apa sesuatu yang kamu cermati?"
NJ: "Memastikan untuk menulis lirik yang memperlihatkan ketulusan. Kami semua membuat musik, dan kami semua memiliki gaya yang berbeda dalam menulis lirik. Bagiku aku ingin lirikku menjadi tanpa filter, "untuk menulis secara jujur/dengan tulus".




NJ: "Kami menghabiskan waktu 7 tahun untuk tinggal bersama. Jadi karena itu, kami penuh perhatian pada satu sama lain dari hati kami yang terdalam. Tidak ada member yang pernah menyebabkan ketidaknyamanan atau masalah. Kukira karena kami semua adalah laki-laki, kami semua nakal dan usil."



HS: "Ketujuh dari kami memiliki kepribadian berbeda, tapi kami telah bersama-sama untuk waktu yang sangat lama, dan kami semua tahu bahwa kami berusaha. Jadi karena itulah kami bisa mengakui satu sama lain."



Sementara itu, terdapat member tertua Jin yang mencondongkan badannya untuk mendengar keduanya berbicara, dan maknae Jungkook dengan mata lebarnya memperhatikan mereka berdua. Mereka tidak sedang menyanyi atau menari tapi secara misterius kamu bisa merasakan harmoni diantara ketujuh member ini dengan melihat dan mendengarkan. 



Q: "Siapa fashionista di grup?" 
Semuanya: "Rap Monster!"
NJ: "Wow, terima kasih! Aku suka rasa gaya J-hope dan Jimin."
HS: "Aku hanya mengenakan pakaian yang aku suka. Kepuasan diri." 



Q: "Siapa yang paling banyak aegyo di grup?" 
Semuanya: "V"
TH: "Serius? Aku tidak merasa banyak aegyo." 
Jawaban itu sendiri merupakan aegyo. Diluar jadwal mereka, sebagai member, Jungkook dan V selalu bersama-sama 24/7 melalui voice talk sambil bermain game. 





Q: "Siapa yang lebih baik dalam bermain game?"
TH: "Jungkook" (katanya dengan sedih)
Jungkook: "VICTORY!!!"
HS: "Lihat, dua anak ini adalah member yang paling berisik" (sambil tertawa)



Q: "Kenapa Jungkook menggunakan sebuah ruangan/kamar sendirian?"
JK: "Aku suka ruang pribadi sendiri. Aku adalah orang yang sangat berisik jadi jika seseorang berbagi ruangan denganku akan sangat sulit bagi member itu" (jawabnya sambil tertawa)




---
NJ: "Suga hyung selalu melebihi ekspektasi kami dan membuat musik jadi aku ingin melihat bagaimana dia bekerja."




YG: "Aku tidak suka memperlihatkan pada orang lain saat aku bekerja. Aku tidak bisa berkonsentrasi saat seseorang berada di sampingku." 

Q: "Apa hiphop untuk BTS?" 



YG: "Saat aku masih kecil aku tidak punya batasan pada musik, aku menikmati semuanya seperti klasik, jazz, hiphop. Aku hanya menyukai gagasan umum tentang musik itu sendiri sejak dulu. Jadi buatku, musik secara natural menjadi "sesuatu yang ada di sana", sekarang hip hop tidak terbatas untukku, (hip hop) hanya sebuah genre musik yang aku lakukan dan kunikmati sekarang. Sejujurnya, aku menjadi ragu untuk mengatakan bahwa grup kami adalah grup hip hop. Musik kami secara natural datang dari dalam pikiran. Kupikir musik kami tidak terjerat pada genre yang spesifik dan (musik kami) secara murni hanyalah "BTS' music". 

NJ: "Sudut pandang saat ini adalah dalam lagu kami, disamping musik terdapat rap, dance dan banyak elemen/faktor. Hal-hal itu ingin kami ekspresikan melalui video dan hal-hal yang ingin kami tampilkan di konser. Di samping hiphop, banyak area berbeda musik yang ingin kami lakukan, banyak hal yang ingin kami lihat atau ingin kami perlihatkan pada fans. Jadi daripada bersinar di area yang spesifik, kami ini bekerja lebih keras, dan menjadi aktif di semua area yang berelasi pada musik. Banyak genre di dunia ini, dan aku ingin menjadi sebuah grup yang mencakupi semua genre-genre itu. 



BTS telah menjadi sebuah grup yang menjadi pusat dari menerima mimpi-mimpi besar yang tidak seorang pun mengalaminya. 


Jimin sama Jin kok ngga ngomong sih T^T
NJ: "Tujuan utama kami sekarang adalah menyelesaikan world tour dengan selamat. Tujuan kami selanjutnya adalah melakukan world stadium tour. Tapi bahkan jika kami mungkin mencapai tujuan itu, bukan berarti tujuan kami telah kesampaian. Jika kami kesampaian satu tujuan, kami meraih tujuan lain. Kupikir itu hanyalah dunia entertainment. Itulah kenapa kami juga mengantisipasi bagaimana kami mendewasa dan tumbuh. Kami semua akan maju." 

Eng trans: @rosoidae
Indo trans: Najla Al-faiq