[Terjemahan] Fakta BTS September pt.2


Ini adalah terjemahan dari poin-poin fakta yang ada di artikel Fakta BTS Update September 2017 pt. 2. Maaf ya kalo ada salah terjemah.  
Poin 73-74
V bilang, “Kami tampil di konser 25 tahun Seo Taiji sebagai tamu. Kami menampilkan 8 lagu di panggung. Aku sangat tersentuh dengan segi baik sunbaenim. ‘Sekarang ini adalah era kalian,’ katanya pada kami, ‘lakukan dengan baik.’ Saat kami berlatih dan tampil dia berturut-turut memberitahu kami pesan yang hebat. Fakta bahwa kami tampil di panggung dengan seorang sunbaenim yang begitu legendaries merupakan suatu penghargaan bagi kami.”

Jin menambahkan, “Seo Taiji mengatakan padaku bahwa aku dapat memanggilnya ayah di tengah kegiatan berlatih kami, dan dia menggunakan frase ‘Seo Taiji dan Anak-anak’ di tengah (latihan), dan aku juga berterima kasih karena dia memposting foto grup kami di SNS-nya usai latihan.”

Baca juga: Fakta BTS Update September 2017 pt. 2

Poin 75
V bilang, “Aku berterima kasih kepada Park Jihoon karena memilihku sebagai role model-nya. Aku ingin menjadi seorang vokalis yang bisa memperluas spectrum dan mencerna berbagai gaya. Secara pribadi aku mendengarkan lagu soul vokal gaya jazz atau R&B soul. Untuk berbaur dengan grup, aku menyanyi terkadang dengan perasaan sulit/kasar dan terkadang dengan perasaan yang buruk. Terkadang aku cemas soal bagaimana aku bisa memperlihatkan pesonaku dengan vocal bass. Pada akhirnya, aku ingin menjadi vocalis jazz soul dan seorang penyanyi R & B.”

Baca juga: Interview CREA x BTS edisi Oktober

Poin 78
Rap Monster mengungkapkan, “LOVE YOURSELF adalah seri lanjutan kami yang terhubung dengan seri HYYH dan WINGS. Album ini memiliki 4 langkah dalam komposisi dan (Her) adalah album pertama. Love Yourself Her merupakan album yang mana empat langkah komposisinya akan memikat hati. Kami memiliki total 11 lagu dan kami pikir album ini akan menjadi poin balik untuk kami.”

Suga menambahkan, “Kami biasanya melakukan banyak obrlan sebelum album dirilis. Pertamanya aku sangat terkejut mendengar kuantitas ordernya. Kami sudah menerima sekitar 700,000 pre-order untuk album kami yang sebelumnya, dan aku ingin berterima kasih pada fans untuk waktu itu juga sekaligus pada fans kami yang mendengarkan album kami (WINGS dan YNWA). Kali ini, aku sedikit lebih serakah dan berpikir permintaan pre-order akan mencapai sekitar 800,000, tapi kemudian kami dibuat terkejut saat melihat artikel. Dan kupikir/kusadar bahwa banyak orang yang menyukai kami. Kupikir jumlah dari pre-order adalah jumlah dari kepercayaan dan cinta yang dimiliki fans pada kami. Sehingga banyak orang yang menyukai kami dan aku ingin mengucapkan terimakasih.”

Poin 82
Sudah malam! Cepat dan pergi tidur
Sudah malam dan kalian semua khawatir ‘kan?
Jangan khawatir dan tidurlah.
Ini hampir waktunya bagi comeback kami jai kalian semua pasti sangat mengantisipasinya. 
Sedikit, kami akan bisa menunjukkan padamu apa yang telah kami persiapkan dengan baik dan pikiran itu membuatku deg-deg an juga. 

Terimakasih banyak untuk menunggu.
Mari bernyanyi bersama dengan bahagia nanti. 
Tidurlah yang nyenyak, selamat tidur!!


Poin 83
BTS akan mengumumkan album baru mereka ‘Love Yourself ‘Her’’ pada pukul 6 sore waktu Korea Selatan, tanggal 18 dan kembali ke industry musik. Baru 7 bulan sejak “Wings: You Never Walk Alone” dirilis pada Februari. 

Album ‘Love Yourself’ Her adalah album yang membuka episode dari seri Love Youself, pertanyaan fans dan harapan meraih puncak mereka. Sebelumnya dirilis video ‘Love Yourself’ highlight reel, di mana para lelaki ini akhirnya menyadari bahwa mencintai diri sendiri merupakan awal/permulaan dari semua cinta. Album ini, rilis dalam 4 versi, mencakup track tersembunyi yang diproduseri oleh Rap Monster. Lagu utama DNA adalah lagu yang mengungkapkan cinta dan kemudaan dari masa muda, berisi suara yang membedakan warna tim yang ada. 

BTS menulis berbagai rekor dengan menyiapkan pesta yang indah untuk album ini. 

The Chainsmokers, yang menang world music charts, akan membantu mereka. BTS telah mengumumkan bahwa mereka merekam lagu “Best Of Me”, yang mana mereka berkolaborasi dengan Chainsmokers untuk membantu produksi. Mereka bertemu The Chainsmokers di BBMAs, dan dua artis ini bertukar pekerjaan mereka dan membuat musik. 
BTS juga akan broadcast comeback show di Mnet, yang mana membuat kita menyadari status tinggi mereka. “BTS Comeback Show” akan broadcast secara live pada 21 September jam 9:30 malam waktu Korea Selatan, dan itu merupakan broadcast spesial untuk BTS dan fans di seluruh dunia. Acara itu akan menjadi panggung baru pertama dari album baru. 

Album baru Love Yourself Her, yang mana mulai dijual pada akhir bulan, meraih rekor lebih dari 1 juta pre-order. Angka penjualan album BTS meningkat sebanyak 350,000 unit dari angka pemesanan prekuel yang dirilis bulan Februari, yang mana merupakan favorit dunia yakni WINGS: You Never Walk Alone. Jika kamu menambahkan pemesanan luar negeri, angkanya akan semakin tinggi. 

BTS membuat debut mereka di dunia musik dengan No More Dream pada 2013, dan menjadi populer dengan lagu-lagu yang menceritakan tentang anak muda/masa muda. Album HYYH dirilis tahun 2015, merupakan sebuah album yang membuat mereka menjadi grup populer. Album seri itu telah melebihi 1 juta penjualan dan meraih popularitas di seluruh Asia. 

BTS menempati rangking 171 dengan HYYH pt. 2 pada Desember 2015 di Billboard chart, Young Forever (HYYH) pada Mei 2016 dan Wings pada tahun 2017. Mereka juga memenangkan Top Social Artist award pada BBMAs 2017. Merupakan grup K-pop pertama yang pernah berpartisipasi dalam upacara penghargaan dan mereka mencetak rekor yang bermakna di sejarah per K-pop an. 

BTS dianggap sebagai satu dari sekian boygrup Korea dengan kualitas paling tinggi ketika datang pada musik dan performance, sama baiknya seperti fandom dan popularitas (mereka) yang kuat. Mereka membuktikan fandom besar mereka di Korea yang sama baiknya seperti dunia, potensi nilai jual dari K-pop mengakui BTS sebagai artis yang dapat mewakili Asia. Itulah kenapa kami tidak bisa membantu tapi menyebut comeback BTS.  


Indo trans: Najla Al-faiq