Fakta BTS Update Juli 2017


Selamat datang di bulan Juli :") Wah engga kerasa ya udah Juli aja. Cepet banget rasanya tuh. Dan ini adalah bulan ke-10 aku menulis Fakta BTS bulanan. Kelihatannya mah emang gampang, tinggal search dan dituang di sini. Tapi sebenarnya itu susah banget dan melelahkan. Akhir-akhir ini aku lebih banyak translate dari bahasa Inggris, karena aku engga bisa percaya dengan fakta berbahasa Indonesia :3 

Egois? 

Itu emang aku. Jadi ngga usah kaget.

Dan karena egois lah tulisan ini muncul. Maaf kalo kadang itu udah berita lama atau bagaimana, karena ini berdasarkan akunya, bukan timeline/fanspage. 

Aku bukan admin fanspage/grup ARMY, aku hanya ARMY biasa yang jatuh cinta dengan musik keren dan lirik lagu emo-nya BTS.  

Jadi kalo engga suka silahkan pergi aja, engga usah capek-capek ngebenci atau bagaimana. Tulisan ini diperuntukkan bagi yang mau baca. 

[01/07/17]

1. Kemarin diberitakan jika Rapmonster mengalami cedera pada jari kelingking kaki kanannya yang katanya tidak terlalu parah. Akibat karena terbentur furniture. Sehingga Rapmonster tidak bisa melanjutkan konser terakhir BTS di Sapporo pada 1-2 Juli nanti.[BTS Japan Official twt]

2. Berat badan member BTS pada turun semua nih. Dirilis dari profil YNWA, September Magz. Jimin turun 1kg (dari 61 ke 60 kg), Suga turun 2 kg (dari 59 ke 57 kg), Jin sama Rapmonster turun 3 kg (Jin dari 63 ke 60 kg, RM dari 67 ke 64 kg) #NAMJIN!!!, V turun 4 kg (dari 62 ke 58 kg), Jungkook turun 5 kg (dari 66 ke 61 kg), dan yang turun paling banyak adalah J-Hope T^T yang awalnya 65 kg sekarang jadi 59 kg :”) Duuuh makin sekurus apa kalian :”) sedih ah [7bs.update LINE]

3.  Pada tahun 2008, J-Hope pernah memenangkan kompetisi dance nasional di Korsel. 

4. Pipi Taehyung terlihat tembem di Bon Voyage Season 2 Live Commentary

5. Dilihat dari beberapa tahun sebelumnya, bahunya Taehyung ternyata makin lebar dan kekar.

6. Siaran langsung BTS secara pribadi, dihitung dari tanggal 28 Juni 2017. Rap Monster terakhir siaran 3 hari lalu, Seokjin terakhir seminggu lalu, Suga terakhir 3 bulan lalu, Jimin terakhir 7 bulan lalu, V terakhir 5 hari lalu, Jungkook terakhir 2 bulan lalu. J-Hope terakhir siaran langsung secara solo setahun lebih 2 bulan yang lalu. Dihitung dari tanggal 28 Juni 2017 ya.

7. Ekspresi DK SVT dan Jungkook saat mereka berdiri diantara dua cewe pas hari kelulusan. 





8. Entah ini bener apa enggak ya. Di bandara, Taehyung disuruh mengisi tabel informasi pribadi. Dan di kolom ‘sex’, dia nulis ‘tidak pernah melakukan sebelumnya’. 

9. Di Bon Voyage S2, Jungkook dikasih crayon biar dia tetep sibuk sampai makan malam dateng. 

10. Make up artis Jimin bilang kalau Jimin itu pemilih dengan make up-nya. Dia juga yang memilih warna, yang itu artinya dia adalah satu-satunya yang membuat make up-nya senada dengan warna rambutnya.

Baca juga: Fakta BTS Update Juni 2017

11. Bon Voyage S2 Behind The Cam, Jungkook tuh lagi nyanyi sambil menengadahkan topi (kayak pengamen gitu) trus Jin di sebelahnya bilang “Tolong kasih kami duit”. Nah, Jimin iseng naruh uang di topi itu, sama Jungkook di bawa lari, dikejar Jimin, eh balik-balik Jimin bilang “dia adalah seorang copet.” 

12. Sebenarnya setelah closing Home Party, BTS tuh engga bener-bener selesai acaranya. Dilanjut di CH+. Mereka nyanyi Ma City dan dua lagu lain yang aku lupa itu. Nah, di lagu Ma City, Jimin sama Suga lupa lirik. Jimin cuma senyum malu, lah Suga angguk-angguk doang sambil senyum tak berdosa. Dan si Suga pas ditanya, dia berdalih “karena kupikir kalian akan menyanyikannya”.  

13. Ada fans yang tanya ke fans lain “Part apa di lagu BTS yang paling kalian suka?”, dan banyak fans yang memilih bagian awal dari lagu BS&T, part-nya Jimin. Jimin bilang, dia bekerja sangat keras untuk mempersiapkan part itu, dia bahkan kehilangan berat badan sebanyak 7 kg. “Ketika kami semua berlatih dance BS&T, daripada merasa lapar, aku merasa jika tubuhku tidak punya kekuatan jadi aku pun jatuh ke lantai. Dan saat itu terjadi, member akan melihatku dengan simpati. Lalu Jin hyung bilang, “Makanlah denganku. Kenapa kamu melakukan sejauh itu sampai tingkat itu?” Tapi kemudian aku bilang, “Tidak, aku percaya bahwa aku harus melakukan ini” dan mulai mengatur dietku.” [Interview WINGS Concept]

14. Di Bon Voyage S2, pas Jin sama V belanja, si kasir tanya apakah mereka berdua ini saudara? Trus dijawab sama mereka, “ya, kami adalah saudara. Blood brothers.”

15. Di BTS Japan Fanmeeting vol 3 DVD, Jungkook sama Jin pegang saku celana satu sama lain trus muter-muter gajelas 

16. BTS Japan Fanmeeting DVD vol 3, Suga dipotret sama cameramen pas dia pasang wajah meme. Lah kok setelah itu muncul part-nya Suga di Fire yang ‘I forgive you’ (Part terakhir lagu FIRE) 

17. Masih di DVD Fanmeet Japan, BTS disuruh nebak tangan member lewat gambar. Ada tujuh foto tangan member BTS yang ditempel di dinding. V sama Hoseok nyoba menebak dengan menjelaskan cirri khas tangan masing-masing member. 

18. Jimin rehearsal Fanmeet Japan pake baju hadiah dari V pas ultahnya 2016 kemarin. 

19. Dance break Silver Spoon di Fanmeet Japan, J-Hope aegyo bareng V.

20. Posenya Yoonmin pas ngeliatin Namjoon syuting di lantai bawah. 





Baca juga: Profil dan Fakta J-Hope

21. Pas lagi talk, Jimin engga sengaja nendang kepalanya sendiri pas ngangkat kaki sampe jatuh dari kursi. Dan diketawain J-Hope. 

22. Kamera yang baru saja dibeli Taehyung itu adalah LEICA Camera. Harga yang jenis M6 Rp 40 juta, yang M7 Rp 60 juta.

[02/07/17]

23. Fans khawatir dengan kondisi Suga. Di foto BTS yang diposting di twitter official Japan, lututnya Suga terlihat dibebat sesuatu warna biru. Setelah diperhatikan ternyata itu adalah plester elastic yang biasa digunakan untuk merawat luka dari cedera atletik/pas badan lagi sakit. Dan fans Jepang bilang kalau Yoongi melukai kakinya sendiri di konser kemarin karena dia menari terlalu keras dan mencoba melakukan yang terbaik untuk menyempurnakan gerakan dance-nya. Bahkan meskipun Suga kesakitan, dia tetap lanjut menari dan melakukan yang terbaik.

24. Rapmonster tidak ikut perform, tapi dia tetep naik panggung. Jimin cemas dengan keadaan Namjoon dan terus aja ngecek Namjoon. Rapmonster pun menepuk punggung Jimin, dan Jimin pun tersenyum begitu menyadari kalau RM emang baik-baik aja.

25. Selama perform solo di konser kemarin, Jin nangis. 

26. Di buku interview WINGS Concept, Jin membahas tentang lagu solonya Awake. Dia bilang kalau dia bekerja dengan sangat keras dalam pembuatan lagu itu bahkan menulis 6 versi. Dia bahkan tetap membujuk para staf untuk waktu yang lama demi membiarkan dia membuat lagu solo. Jin mengaku kalau dia dapat bantuan dari produser baik hati kita, Slow Rabbit dan Jin seneng tahu kalau dia menjadi bagian dari pembuatan lagu solo ini.  

27. Mengetahui bahwa Jin telah bekerja keras untuk menghasilkan Awake, fans Jepang pun memberikan respek dengan bertepuk tangan selama Jin perform solo. Di Jepang, bertepuk tangan itu adalah cara seseorang memberikan respek. Mereka (fans Jepang) tidak berteriak atau ikut bernyanyi, hanya bertepuk tangan. Itulah yang menjadi alasan kenapa Jin jadi emosional. (emo diriku, ku terlalu nethink selama ini dengan fans Jepang)

28. Dan Jin pun menulis pesan untuk fans. 
“Dan para ARMY-ku yang kucinta, ARMY-ku yang kurindu, ARMY-ku yang cantik lebih dari yang lain, ARMY-ku yang lebih cantik dari permata, ARMY-ku yang lebih cantik dari bintang-bintang di langit, ARMY-ku yang tidak akan menyakitiku bahkan ketika aku menaruh mereka di mataku (*ini adalah retorik Korea yang digunakan untuk mengekspresikan cinta tak bersyarat pada anakmu), ARMY-ku yang (terlalu) baik yang (ini tidak cukup) bahkan ketika aku membubuhkan awalan kata-kata yang baik untuk ARMY-ku aku selalu menghargaimu karena sangat menyukai kami. Aku tahu kalian memiliki waktu yang sulit di samping kami. Aku sangat bersyukur setiap waktu bahwa itu terjadi. Aku mencintai kalian. Aku selalu merasa hebat karena ARMY selalu di sana. Alasan terbesarku memelihara kepribadian positifku akan menjadi “ARMY Effect”. Aku harap kalian semua mendapat banyak berkat tahun baru, dan tolong selalu menjadi bahagia. Hearteu <3”

29. Jungkook itu punya Bluetooth speaker. Dan dia selalu hidupin speakernya selama 20 jam. Trus diomelin sama BTS, sama Jungkook volume-nya dikecilin trus speakernya diangkat ke dekat telinga. Speaker-nya itu warna merah dan seukuran radio. Trus Jin tanya, “Kalau kamu bisa beli itu kenapa tidak beli earphone?”, sama Jungkook dijawab “Aku tidak memikirkan itu.”

[04/07/17]
30. Lagu yang di-cover BTS, “Come Back Home” berhasil menempati posisi pertama di beberapa chart musik Korea seperti Genie, Olleh dan Melon. Bugs di nomor 2, Naver di nomor 3, dan Soribada di peringkat 10. Per 4 Juli pukul 7 PM KST.

31. MV Spring Day udah mencapai 2 juta likes. Merupakan MV kedua dengan 2juta likes setelah Blood Sweat & Tears.

32. J-Hope di tweet-nya bilang kalau BTS mengalami cukup tekanan karena original song-nya udah tenar dengan sendirinya (udah terlalu bagus mungkin). Lagu ini dikerjakan oleh BTS (di-remake) setelah mereka mendapat penghargaan di BBMA’s. Dan itu dikerjakan di sela-sela konser.

33. Come Back Home itu lagu milik Seo Taeji yang di-remake BTS. 

34. Fansite-nya Taehyung, @VShock1230 ngasih hadiah ke Taehyung sebagai ucapan terima kasih atas selesainya Wings Tour yang dilakukan BTS di beberapa negara.

35. Lagu Comeback Home yang di-cover BTS itu memiliki cerita tentang anak muda gitu. Trus dibuat BTS jadi lagu tentang darah, keringat dan semangat anak muda dalam mencapai mimpi mereka. 

36. RM dan J-hope akan mengambil bagian dalam pembuatan lirik rap lagu Comeback Home 

37. BTS akan rehat sejenak setelah WINGS Tour selesai. Akan ada kemungkinan WINGS Tour pt. 2, tapi masih didiskusikan sama pihak agensinya. Dan dikabarkan BTS juga lagi nyiapin comeback yang rencananya akan dirilis akhir tahun. 

[13/05/17]
38. BTS masuk nominasi Super Bowl Halftime Show 2018, yang bersaing dengan Justin Bieber, Taylor Swift, Rihanna, Kanye West dan masih banyak lagi. Bisa dilihat di website resmi Billboard. (Link akan di update nanti)

39. Di Bon Voyage S2, Jimin pesan makanan langsung ke gerai. Dia tanya “apa minuman paling populer di sini?” sama karyawannya (nenek-nenek) dijawab “pepsi”. Jimin ketawa geli trus dia pesen soda. 

40. Q: “Satu pertanyaan apa yang tidak pernah ditanyakan tapi kamu ingin mendengarnya?” 
Dijawab sama Namjoon, “Kenapa kau seksi?”

41. Katanya, Big Hit cuma merekrut staf seperti stylist/make up artis yang udah nikah. (Kalian yang belum nikah engga bisa wkwkwk)

42. Pas di PUMA Fansign, ada fans yang nangis gitu, nah reaksinya Yoonmin sama VMon beda. Yoongi cuma senyum aja engga bisa bilang apa-apa, nah Jimin bilang “udah jangan nangis”. Lah Namjoon malah ikut-ikutan nangis (godain gitu), trus V “Kenapa kamu pura-pura nangis? Air matamu saja tidak ada”. 

43. Puisi akrostik ARMY ala Jungkook. A: “Ah … aku memikirkannya bahwa…” ; Mi: “Aku akan menjadi kekasihmu di masa depan”. (Era Fire)

44. JK: “Bagaimana caranya godain cewek?”, trus Jungkook pun buka kancing bajunya satu persatu hmmmm

45. BTS Memories 2016 sudah bisa di PO di official shop BTS. Harganya 45ribu won. (rupiahnya hitung sendiri)

46. BTS Memories 2016 mencakup 188p photobook, 7 photocard dan 4 DVD. Akan dirilis pada 31 Juli 2017

47. Namjoon bilang di V live chatting kalau dia lagi sibuk mempersiapkan album baru untuk comeback.

48. Tulisan tangan Jimin (pict 1: Lie), Namjoon (pict 2: Reflection), dan Jungkook (Pict 3: Begin)
Lie

Reflection
Begin
49. Taehyung itu setiap kali ada kesempatan mesti meluk bantal

50. V keliatan hafal banget sama karakteristik tangan para member. Dia bisa menjelaskan kalau J-hope itu punya kelingking yang kurus/panjang & Suga punya kuku ibu jari yang sedikit rusak(?) karena sering digigitin. Tapi dia malah menjadi member yang paling sedikit benarnya saat menebak tangan para member. (BTS Japan Fanmeeting vol. 3 DVD)

Sumber: Youtube, FB, twt, IG, LINE, dsb.