Fakta BTS Update Juni 2017



Sejak bulan Oktober sampe sekarang Juni, aku enggak nyangka tulisan ini akan eksis :D

Khususnya Fakta di bulan Januari. Aku searching di google dan itu ketemu banyak banget di mana-mana. Di Amino Apps ada, di wattpad ada, bahkan di situs besar juga ada.

Tapi entah kenapa aku malah sedih :”)

Mereka engga backlink T^T sedih akutu T^T

Tapi gapapa sih, bodo amat #SWAG

Oke, sekarang kita lanjut ke bulan Juni. Maaf ya, yang bulan-bulan lalu kayaknya kok ngga up to date gitu. Ya soalnya pikiranku terbagi buanyak!! Banyak sekali sampe-sampe aku males update tentang fakta BTS.

Aku tuh bermimpi untuk menjadi penulis terkenal. Aku mau buktiin ke orang-orang kalo nulis itu bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama. Tapi ya gitu, sulit :”) Untung ya, aku hidup di era BTS wkwkwkw jadi aku masih bisa punya motivasi dari Yoongi :”) Dia itu inspirasiku banget tau, tapi member lain di BTS juga terkadang bisa memotivasi aku. Bahkan akhir-akhir ini aku berencana selingkuh ke HopeMin :v (jangan ditiru).

Ya udah deh, kata pengantarnya udah kepanjangan. Langsung aja cus ke fakta BTS bulan Juni ^_^

Disclaimer: Semua fakta yang kutulis di sini diambil dari berbagai sumber (Youtube, Instagram, Line, dsb) 1. Keone (koreografer BTS) mengikuti World of Dance bersama Mari (enggak tau siapa) dengan menyertakan gerakan 3:33 dari koreografi FIRE

2. BTS akan memberikan banyak kejutan di BTS Festa 2017. V dan Rapmonster akan duet, lalu aka nada juga We Don’t Talk Anymore pt 2 (entah siapa yang nyanyi), J-Hope merilis mixtape, Jungkook Yoongi dan Jin akan menyanyikan So Far Away , Jimin bilang dia lagi ngerjain samting.

3. Di pesawat saat akan menuju Las Vegas (BBMAs), V duduk bareng sama Jimin dan Jin, Jin-nya ada di tengah. Terus Yoongi bareng Namjoon, sisanya J-Hope bareng Jungkook.

4. Jimin memotong rambutnya sebelum syuting interview bersama Laura Marano.

5. J-Hope bilang gaya rambut Jimin jadi terlihat mirip seperti di era N.O. Trus Jungkook nyahut “Aku merasa hyung (Jimin) jadi lebih dewasa dari era N.O” [Tonton aja Bangtan Bomb]

6. J-Hope, V, Jin dan Yoongi pergi bareng nonton show, trus foto bareng bersama pemainnya. Sementara tiga member lain lagi pada tidur.

7. Yoongi bilang dia pernah mimpi tentang BBMA 2 tahun lalu, tapi dia menganggap kalo mimpi itu cuma mimpi ngawur

8. Yoongi bilang kalo dia ingin mengganti Top Social Artist menjadi Top Social ARMY.

9. BTS akan berpartisipasi dalam projek 25 tahun-nya Seo Taiji bareng Younha, Urban Zakapa, Loopy dan Nafla. [instagram/allkpop]

10. Jungkook melakukan lemparan bola pertama pada pertandingan baseball antara Hanshin Tigers vs Hokkaido Nippon-Ham

11. Selain Jungkook, member lain juga hadir dalam pertandingan itu. Mereka Cuma ngeliat Jungkook melakukan lemparan pertama. Semua member memakai seragam bertuliskan Tigers dengan masing-masing nomor J-Hope (7), Yoongi (93), Taehyung (95), Seokjin (92), Namjoon (94), Jimin (13) dan Jungkook (58).

12. V meluk mascot di Tigers

13. Kim Daily update. Dia nulis Nam June sambil foto di depan hati yang dibuat dari bunga-bunga bertuliskan SEOUL. Sama ARMY bunga-bunga itu diganti wajahnya Jin sama J-Hope yang lagi pake topeng bunga (yang ARMY ngerti pasti topeng yang kumaksud)

14. Tanggal 13 Juni BTS akan ngadain Home Party Di Olumpic Park, Woori Financial Art Halm. Tepat duduknya terbatas, cuma 1.184 doang. Tapi tenang aja, bakal disiarin di V app kok (engga tau yang channel + atau gratis) (moga aja gratis)

15. Kalian tahu kabel kayak earphone yang sering dipake BTS/artis lain pake pas perform? Nah, awalnya punya Jin itu bergambar bintang. Tapi sekarang diganti dengan tulisan ARMY

16. Jungkook pernah pake jam tangan Rolex seharga 20K US Dollar saat pergi ke sekolah (berita lama) (engga takut dicopet mas?)

17. Facebook official BTS update koleksi foto-foto BTS untuk BTS Festa 2017. 

 


































yoongi-a!!!! ><






ketika Namjin gemes sama anak2nya :v

18. Koreaboo mengumumkan 10 nominasi untuk We Got Married. 2 dari 10 nominasi adalah YoonMin dan VKook. Denger-denger Chanbaek juga ada di nominasi, jangan-jangan semua nominasi adalah para OTP di boyband :v (ada apa dengan dunia ini, mereka harusnya kirim ke Celeb Bros, bukan WGM -_-)

19. Jadwal BTS Festa 2017. 2 Juni jadwalnya ngerilis koleksi foto BTS tahun ini. 3 Juni jadwalnya ngerilis We Don’t Talk Anymore pt 2. 4 Juni rilisnya eksklusif Stage cam (BTS fokus). 5 Juni engga tau apa itu. 7 Juni ada stage koreografi spesial A trus besoknya yang B. tanggal 12 kkul fm. Tanggal 13 BTS Home Party trus tanggal 14 rilisnya So Far Away versi Yoonjinkook.

[03/06/17]

20. Entah di interview apa gitu, Suran bilang kalo Yoongi itu ngebantu dia sewaktu dia stress karena ngerjain musik sendiri. Yoongi ngajak Suran ke studionya, nah di sana Suran dengerin sketsa musik yang sekarang dipake buat lagu barunya ‘Wine’. Menurut dia musik itu keren, alhasil jadilah lagu ‘Wine’.

Baca juga: Fakta BTS Update Mei 2017  21. Entah di acara apa (dari tadi entah mulu), Rapmonster di interview lewat telepon. Orang-orang yang ada di acara itu ngga percaya waktu MC bilang kalo mereka akan teleponan sama Rapmon (kan idol itu dianggep sibuk buanget gitu). Eh ternyata teleponnya nyambung. Di situ Rapmon ditanya-tanya tentang BBMAs. Rapmon bilang kalo BTS ketemu sama MGK dan merencanakan untuk kolaborasi bareng (ini ditunggu banget sumpah!!!! MGK rapper kaporit gueh T^T)

22. Jam 10 malem WIB, BTS akhirnya ngerilis We Don’t Talk Anymore. Yang nyanyiin enggak Jungkook doang, tapi duet sama Jimin.

23. Tentang ARMY yang ketemu sama orangtua dan temen Suga di cafĂ© ibu Yoongi. Bapaknya Yoongi bilang gini ke ARMY, “Aku enggak tahu kenapa kalian bisa begitu menyukai Suga”. Trus ibunya Yoongi bilang kalo dia datang ke semua konser BTS, ARMY yang diajak bicara bilang kalo ibunya Yoongi itu imut banget. Trus temennya Suga SMP bilang kalo Suga itu suka sama Epik High dan mesti nyanyi lagu Fly sampe mereka terus nyanyi lagu itu setiap harinya. [Kpop Buzz Youtube]

24. Orangtua Yoongi manggil anak mereka bukan Yoongi (pas bicara ke ARMY) tapi Suga. Dan mereka selalu mencoba untuk datang hampir ke semua konser BTS. [Kpop Buzz Youtube]

25. Q: “Siapa member yang sangat dibutuhkan saat sedang terpuruk?”. Sebenernya jawabannya pada nggak sama, tapi entah kenapa tiba-tiba sepakat jadi Jimin.














[Update 10/06/17]
 

26.Taehyung upload foto-foto hasil jepretannya yang ada caption Vante. Tapi di salah satu postingan dia salah posting foto, trus buru-buru dihapus sama dia. Foto itu adalah foto selca dia pake filter kacamata merah. Dia bilang “itu bukan aku”, trus dia bilang lagi “itu bukan kacamata asli, tapi filter”

27. Menanggapi Taehyung yang salah upload foto, Jin update di fancafe “ARMY, tolong lupakan foto yang diupload Taehyung”. Trus nggak lama kemudian dia update lagi yang intinya dia nyuruh ARMY bikin meme pake foto Taehyung itu.

28. Masih soal Taehyung yang salah upload foto, selang beberapa hari (entah berapa hari) Jimin ikut-ikutan upload selca dengan filter kacamata merah. Biar apa? Ya biasalah, BTS mah suka gitu ke membernya sendiri.

29. Hari kamis kemarin jam 10 malem WIB, Big Hit ngerilis lagu duet-nya V sama Rapmon berjudul 4 o’clock. Lagu ini menceritakan tentang seorang pria saat sedang sendirian. V bilang, ketika dia nulis lirik lagu ini dia sambil ngebayangin lagi nungguin Jimin.

30. Q: “Menurut kalian apa yang menjadi alasan kepopuleran kalian?” || RM: “Saya pikir (kekuatan terbesar kami adalah) kesungguhan hati. [KBS View Heart of Heart Interview 170530]

31. “Kami banyak menggunakan sosial media bukan karena “kami harus melakukan sesuatu yang spesial melalui sosial media” tapi karena kami butuh komunikasi dengan fans kami” –Suga. [KBS View Heart of Heart Interview 170530]

32. Fakta lama sih, tapi bagi ARMY baru mungkin nggak tahu. Dulu, pas BTS belum debut, mereka kan suka bikin vlog gitu. Nah, untuk pertama kalinya semua member BTS muncul di vlog, tapi cuma 6 yang muncul, Taehyung nggak ada. Tapi sebenernya Taehyung ada di sana, cuma ngeliatin member vlog. Dan katanya, Taehyung duduk di sebelah tempat sampah. Sedih nggak sih? Tapi ya mau gimana lagi, kan Taehyung emang masih dirahasiakan waktu itu. Jadi dia nggak bisa ikutan vlog.

33. Demi menjadi Suga yang sekarang, Yoongi dulu rela meninggalkan keluarganya.

34. Jimin rela kelaparan karena orang-orang nyebut dia gendut dan tidak tampan.

35. BTS nyaris disband saat era N.O karena tidak punya cukup dana untuk melanjutkan promosi

36. Jungkook seringkali nangis diam-diam biar hyungdeul-nya nggak khawatir.

37. J-Hope sebenarnya akan diposisikan sebagai vocalist, dengan Taehyung sebagai rapper. Tapi J-Hope memutuskan menjadi rapper dan mempelajari rap karena Taehyung ingin menjadi vocalist. Menjadi vocalist adalah mimpinya Taehyung.

38. Di suatu interview Yoongi pernah bilang “akan lebih baik jika orang-orang mendengar musik kami melalui si tampan Jungkook dan Taehyung”.

39. Jin ingin menjadi anak yang bisa dibanggakan oleh ibunya, karena dulu sebelum dia masuk Big Hit, ibunya sering kali mendengar ibu-ibu lain yang membanggakan anaknya dan ibunya diem. Dan Jin ingin sekali ibunya juga ikut membanggakannya ke orang lain seperti ibu-ibu itu.

40. J-Hope ikut audisi karena dia ingin ayahnya bangga ke dia. Karena J-Hope merasa kalo dia itu hanyalah sebuah kekecewaan (bagi ayahnya).

Baca juga: Fakta BTS Update Januari 2017 41. Taehyung & Jungkook menjadi salah satu kandidat dari 100 wajah tertampan tahun 2017 oleh TC Candler. Tahun kemarin 2016, Taehyung menempati posisi ke-60 dan Jungkook ke-55. Kita harus vote biar duo maknae ini dapet rangking yang lebih tinggi dari tahun kemarin. Caranya adalah dengan kunjungi instagram tccandler trus like foto Taehyung dan Jungkook dan tulis komentar “I vote for #taehyung / #jungkook of #bts for #100mosthandsomefacesof2017 #tccandler @tccandler”. Voting berlangsung sampe bulan Desember, masih lama.













[12/06/17]

[BTS Kkul FM]


42. Di saat perkenalan diri secara pribadi, Jungkook bilang itu adalah pertama kalinya dia memakai kacamata karena penglihatannya menurun (buram mungkin maksudnya)

43. Di saat perkenalan diri secara pribadi, V salah menyebutkan ‘flower road’ menjadi ‘elephant road’. Trus dia juga salah menyebutkan ‘musim semi tahun 2017’ menjadi ‘musim semi tahun 2016’. (bunga dalam bahasa korea itu ‘kkot’, kalo gajah itu ‘kokkiri’)

44. Fun fact: BTS niup lilin di kue bareng-bareng, dan setelah itu nutup hidung bareng-bareng

45. Staf meminta BTS untuk memanjatkan(?) harapan sebelum meniup lilin. Tapi kelupaan, trus dilakukan setelah niup lilin. Jimin yang paling lama membuat harapan.

46. Kebanyakan back dancer di Not Today Dance practice memakai celana panjang, namun ada satu yang memakai celana pendek, dia berdiri di dekat Namjoon pas part Hoseok

47. Jungkook melakukan roll saat latihan Not Today di part Jin & V.

48. Di waktu yang sama, V malah dengan santainya bergaya seolah sedang menembak menggunakan bazooka(?)

49. Video I Like It pt 2 Dance Practice, member terlihat memakai pakaian yang sama persis seperti di video Baepsae Dance Practice. Yang terlihat berbeda adalah Jimin dan V.


[14/06/17]

50. Jungkook, V, Jin dan J-Hope terpilih menjadi kandidat dalam nominasi The Most Handsome Faces of 2017. Cara voting bisa dilihat di sini (klik) => http://www.kpopsquad.com/2017/06/beberapa-artis-k-pop-ini-masuk-nominasi.html

51. Di Home Party 2017, BTS dibagi dalam tiga sub-unit. Unit pertama adalah Rap Monster dan V yang menamai unit mereka dengan R&V. Unit kedua adalah Suga dan Jin yang mereka namai sendiri dengan Sin. Lalu unit ketiga adalah J-Hope, Jimin dan Jungkook yang bernama ‘Samjei’ atau 3J.

52. 3J adalah tim yang paling lama membuat nama unit mereka. 3J sendiri adalah nama yang diusulkan Jungkook. Awalnya J-Hope tidak mau memakai nama 3J, dia maunya JJJ, tapi karena dia kalah main batu gunting kertas, akhirnya mereka pun memakai nama 3J.

53. Tiap unit merencanakan sendiri perform selama Home Party. R&V perform lagu 4 O’Clock, 3J menampilkan sexy dance menggunakan 3 lagu dan Sin tampil dengan dua lagu, yakni Never Mind yang dibawakan oleh rapper Jin dan Awake oleh vokalis Suga.

54. BTS melakukan voting ‘penampilan tim mana yang paling baik’, dan yang menang adalah Sin. Suga sama Jin pelukan sambil pura-pura nangis, trus mereka juga ngasih winning speech (Jin dengan dramatisnya me-mention Bang PD-nim).

55. Di awal Home Party, diperlihatkan video singkat mereka yang sedang memparodikan MV Blood Sweat & Tears. Rapmon yang di MV resmi meminum semacam wine, di video ini dia malah minum jus. Adegan Suga dan Jimin yang duduk saling berhadap-hadapan berubah menjadi Jimin yang duduk berhadapan dengan J-Hope yang menimang(?) Jungkook. J-Hope sama Jungkook itu memparodikan patung ibu yang gendong bayi di MV resmi (J-hope sebagai ibunya, Jungkook sebagai bayinya). Jimin pake penutup mata, tapi ngga keren kayak di MV resmi, malah mainan sama J-Hope & Jungkook. Dan jangan lupakan adegan BS&T yang ikonik banget, Jin ciuman sama patung bersayap! Dan patungnya adalah Suga *LOL*
[16/06/17]

56. Di Kkul FM, ada sesi “Kenapa kau melakukan itu padaku” (kalo ngga salah gitu). Nah, tiap-tiap member itu dikasih pesan anonim dari member lain. Pokoknya isinya tentang ‘hal apa yang dilakukan member pada member anonim yang membuat member yang anonim ini kesal/sakit hati/marah’.

57. Nah, yang pertama itu Suga. Suga dapet 3 pesan. Pesan pertama dari Jin, jadi Jin pernah bawa makanan tangsuyuk dari luar Korea pokok yang itu dihabisin setengah lebih sama Suga. Jin kesel, soalnya Suga sangat tidak berdosa setelah menghabiskan tangsuyuk yang dibawanya. Trus pesan kedua dari Jungkook. Jadi Suga itu pernah ngelarang Jungkook makan trus nyuruh Jungkook diet, eh sendirinya malah delivery lobster dari restoran.  Yang terakhir dari J-Hope. Suga pernah nyebut anjing peliharaan J-Hope, si Micky, adalah anjing yang paling nakal di antara anjing peliharaan member lain, dan dengan santainya Suga malah muji Holly “Holly-ku sangat pintar”. Lah kok terus V bilang, “padahal Holly tidak bisa jalan-jalan keluar”, dijawab sama Suga “dia sudah mulai jalan-jalan keluar”. Trus Namjoon nimpali, “Jujur, Holly sewaktu masih kecil sangat cantik. Tapi begitu udah besar, jadi kurang cantik”. Lah lah Jin malah curhat tentang Jjanggu yang katanya hanya suka sama makanan (sama kayak yang punya), jadi kalo dia dikasih makanan sama orang, orang itu bakal diikutin terus sama Jjanggu.

58. Yang kedua, Rap Monster. Dia dapet pesan dari 2 orang. Yang pertama dari Jin, Jin complain karena Rapmon ngedorong Jin pas perform Spring Day kayak bulldozer. Yang kedua dari Jimin, Jimin complain karena Rapmon engga ngajak dia kerja sama (mungkin maksudnya projek duet kayak RM sama JK/V). Trus RM jelasin, kalo dia emang nggak sengaja ngedorong Jin pas Spring Day. Dia juga langsung ngajak Jimin kerja sama suatu hari nanti. Di part ini, member pada nyanyiin rap-nya Jimin di lagu Tony Montana, tapi cuma Vkook aja yang hafal, hyungline? Kagak wkwkw.

59. Yang ketiga, Jin. Dia dapet 3 pesan. Pesan pertama dari Jungkook, “apa yang salah denganmu, hyung?”. Jadi maksudnya Jungkook, Jin tuh tingkah polahnya kayak maknae gitu, jadi dia agak kesel juga. Trus pesan kedua dari J-Hope. J-Hope complain pas mereka lagi syuting variety show bareng, Jin itu terus aja pamer old jokes, dan dia bĂȘte gitu. Yang terakhir pesan dari Rapmon. Rapmon bilang “ketika aku mendorongmu, kenapa kau terdorong?” (entah haruskah kukatakan bahwa si bulldozer ini adalah jenius IQ 140 atau penggemar ryan :v)

60. Motto seorang Kim Seokjin: “Jika kamu bertingkah muda, wajahmu akan menjadi muda juga”.

Baca juga: [Cuap-Cuap Author] Rekomendasi Tontonan BTS 61. Yang keempat, J-Hope. Dia dapet pesan dari 2 orang. Yang pertama dari Jungkook, yang protes karena J-hope pernah menjatuhkan mic-nya Jungkook pas mereka perform. Yang kedua dari Suga, dia protes karena J-Hope engga ikut pas dia ngajak makan sate domba padahal J-Hope udah janji. Reaksinya J-Hope ke pernyataan Jungkook cuma, “mianhae (maaf)”. Lah trus yang pernyataan Suga itu, J-Hope bilang engga soalnya dia liat yang lain (selain J-Hope, Suga juga ngajak Jungkook & V) kayak nggak mau berangkat gitu. Nah, padahal Suga udah dandan keren gitu ya, mau berangkat. Eh kok J-Hope bilang engga, trus duo maknae bilangnya, “kalo Hobie hyung engga ikut, kita juga engga ikut”. Alhasil, Suga pun berangkat makan sate domba sendirian T^T (kasiannya bebeb T^T). Jimin sampe tahu muka sedihnya Suga pas tiga trio itu kagak ikutan wkwkw.


62. Fakta baru tentang J-Hope. Kalau di panggung/di perusahaan dia itu J-Hope, tapi kalo di dorm dia itu J-Tired wkwkwk. Engga cuma Suga doang yang digituin sama J-Hope. Jimin juga. Dia bilang, selama di perjalanan menuju dorm dia ngajak J-Hope macem-macem dan J-Hope mau. Giliran sampe di dorm, J-Hope dengan seenaknya bilang “ah nggak nggak, capek”. Begitu juga dengan Jin. Jin pernah ngajak J-Hope melakukan sesuatu, J-Hope jawabnya “oke oke!”. Lah begitu ditanya lagi sama Jin, J-Hope jawabnya, “haruskah kita melakukan itu, hyung?”. Rapmon, sebagai temen seumurannya J-Hope bilang kalo dia nggak pernah ngajak J-Hope melakukan sesuatu. Karena J-Hope akan melempar garam, yang artinya merusak suasana. Rapmon pernah ngajak J-Hope jalan-jalan dan minum bareng, padahal J-Hope udah setuju, eh sampe sekarang engga dilakuin sama sekali. J-Hope itu mageran kalo udah di rumah/dorm, jadi jangan pernah ajak dia kalo udah di dorm.

[17/06/17]

63. Tahun lahir untuk tipe ideal member BTS. Jin => 1991 – 2002 ; Suga => 1990 – 2000; Rapmon => 1992 – 1999; J-Hope => 1990 – 1998; Jimin => 1993 – 2001; V => 1990 – 1999; Jungkook => 1994 – 2000.

64. V memiliki cermin yang bagus di kamarnya.

65. Q: Siapa yang lebih perhatian pada fashion, RM atau V?

R & V : Rap Monster

66. Q: Berapa lama durasi Sin (Suga Jin) ngobrol?

Suga: 3 menit

Jin: 3 detik *LOL*

67. V bilang kalo RM bisa ngabisin waktu 6 detik buat ngomelin dia (aku penasaran gimana dia ngitungnya wkwkw)

68. Q: Benda yang harus ada di dompet V?

RM: Kartu kredit.

V: ID Siswa => kartu ini didapet V setelah lulus SMA. Katanya, di kartu ini fotonya bagus.

69. Q: Berapa jumlah boneka Ryan di kamar RM?

RM: 13 || V: 4. Sebelumnya V tanya nomor favoritnya RM berapa. Karena RM suka angka 4, jadi V jawab 4.

70. Warna wallpaper kamarnya Jungkook adalah abu-abu gelap.

71. Q: “Lagu apa yang paling berarti buat BTS & kenapa?”
J-Hope: “Fire! BTS sangat keren!”

[23/06/17]
72. Di sebuah fansign, VMin ditanya tentang ARMY yang sering kali ngeship mereka sama idol cewe. Nah VMin sama-sama jawab kalo mereka engga suka. Dan V bilang, “karena aku akan menikahi ARMY”.

73. Di AAA tahun 2016, Jimin membantu aktris asal Vietnam menunjukkan jalan. Dia juga menunggu si aktris ini naik duluan, tapi si aktris engga jadi naik panggung. Meskipun Jimin udah jauh dari dia, Jimin tetap noleh ke belakang untuk melihat si aktris. 

74. Taehyung update di fancafe BTS. 
“[Halo] Bagaimana kabar kalian?” 
“[Hahahaha] Kalian merindukanku kan? Aku merindukan kalian juga. Setiap hari sebelum aku tidur, ketika aku bangun, selalu ada air mata di bantalku.” 
“[Aku juga tidak tahu] aku meng-capture semua komentar mengenai film-film yang direkomendasikan ARMY padaku di Fancafe. Hari ini, aku memutuskan untuk menonton film ini. Jika film itu menyenangkan, aku akan merekomendasikannya pada para member atau pada kalian di V app hahaha. Bagaimana pun juga, aku sungguh suka menonton film dan karena ARMY(!!!) aku merasa seperti aku telah menjadi seseorang yang lebih baik.”
 “[Karena semua orang aku] Aku sedang tertarik pada lukisan dan fotografi hari-hari ini, aku juga merekomendasikan banyak dari mereka, haha. Hari-hari ini aku mulai mengambil gambar pemandangan dengan baik. Aku memiliki model-model representative, ada banyak dari mereka, ada 6 diantaranya. Aku membeli kamera film 3 hari yang lalu, jadi aku mencoba mengambil gambar dengan kamera itu dengan sebaik-baiknya. Haha, hal penting mengenai ini adalah ISO, fokus, aperature dan kecepatan rana. Aku tidak tahu tentang hal itu jadi aku mencoba untuk belajar, tapi aku takut kalau aku mungkin berhenti karena itu sulit. Jadi, tolong hentikan aku dari berhenti (melakukannya).”
“[Eueo aku tersentuh??] Karena kalian terus menghiburku~~ Mengatakan bahwa aku bisa membantu kalian dengan hal-hal seperti ini, aku sangat bangga. Jika aku tidak bertemu ARMY, aku tidak akan tertarik pada seni. Aku mungkin tidak akan dapat menonton film atau mendengarkan pada berbagai macam musik, hanya melihat Oseam(?) selama Chuseok. Aku tidak akan mengetahui hal-hal lain juga jika bukan karena rekomendasi dan gaya hidup yang berbeda para ARMY, yang mana asal aku mendapat kekuatan!! Ahh, aku sangat bangga!!!”
“[Sekarang] Aku tidak bisa membaca semua komentar, terlalu banyak. Saat aku punya waktu aku akan datang kembali dan membaca semuanya. Tidurlah yang nyenyak.”

75. Di BBMAs, Suga duduk sebelahan sama Jungkook. Nah Suga ini lagi megang jajan(?) gitu, mau dimakan. Lah kok tiba-tiba Jungkook buka mulut lebar-lebar dan akhirnya jajan itu dimakan Jungkook trus sisanya dimakan Suga.

76. Greeting-nya Mamamoo itu kan “1 … 2 … I say mama mamamoo~” (nyanyi gitu). Nah Rapmonster diparodikan “Bangtan Bangtan So~” [Seoul Music Awards 2016] 

77. BTS masuk nominasi di Kids Choice Awards Mexico 2017 sebagai favorite international group/artist, bersaing dengan Camila Cabello, Ariana Grande, Katy Perry, Ed Sheeran, Harry Styles, Justin Bieber, Shawn Mendes. Ternyata engga cuma BTS, ARMY juga masuk nominasi sebagai best fandom. 
78. Lagu yang ingin dinyanyikan BTS pada ceweknya. [ANAN Magz]
- V: “Aku tidak akan menyanyi. Ada lagu yang aku suka ‘I Fall in Love too Easily’ dari pemain trumpet bernama Chet Baker dan ada sebuah film yang menampilkan lagu itu berjudul ‘Born to be Blue’. Aku akan memainkan lagu ini untuknya sembari menjelaskan cerita dari film tersebut.”
- Jimin: “Aku bisa membuat sebuah lagu untuknya tapi itu tergantung pada orang tersebut. Aku tidak berpikir aku akan tahu sampai mencobanya. Aku akan suka jika kami bisa bersama-sama sepanjang waktu. Tipe idealku adalah seseorang yang aku inginkan.”
- JK: “Aku tidak pernah menulis lirik lagu untuk seorang perempuan. Tapi aku akan menulis sebuah lagu jika aku pernah menyukai seseorang. 

79. Sebelumnya yang masuk nominasi The Most Handsome Faces of 2017 cuma V, Jungkook, Jin & J-Hope. Dua hari lalu ternyata Jimin juga masuk sebagai kandidat. Cepet-cepet vote ya di instagram @tccandler

80. Brand baju favorit BTS. [BTS Secret Show Live @JBTV]
- Seokjin: Givenchy
- Namjoon: Yamamoto, Wtaps, Neighborhood
- Yoongi: Mastermind
- Hoseok: Supreme
- Jimin: Gucci
- Taehyung: Gucci
- Jungkook: Topman atau H&M

Baca juga: Profil dan Fakta Suga  81. ARMY Chile membeli bintang untuk J-hope dan memberi nama bintang itu, Jung Hoseok. Yang bikin projek ini adalah fanbase pertama dan terbesar yang didedikasikan untuk J-Hope, yaitu J-Hope Chile. Tentu saja dengan bantuan ARMY Chile yang lain. Sertifikat, kalung dengan dengan bintang serta fanbook berisi pesan dari ARMY diberikan pada Hoseok di Korea Selatan.

82. Fakta hubungan Park Woo Jin (kontestan Produce 101 yang akan debut dengan Wanna One) dan Park Jimin, mereka ternyata sama-sama dari Busan dan sangat suka menari. Keduanya juga murid di Just Dance Academy di Busan. Dan pada tahun 2011 pernah dance battle. 

83. Sung Dong Il, aktor yang menjadi MC di Shake Up the Classroom, menghubungkan seorang fanboy BTS asal Amerika dengan V melalui video call. Si fanboy ini masih remaja lah kira-kira. Dia keliatan seneng banget begitu liat mukanya V, dan langsung bilang “Saranghaeyo”. Trus dia disuruh nyanyi, V juga nyuruh dia nyanyi, si fanboy ini pun nyanyi part-nya V di Boy in Luv. V malu-malu gimana gitu, tapi dia seneng. Eh, temen-temennya si fanboy ini pada ngga percaya, akhirnya sama Sung Dong Il, hp-nya diperlihatkan ke anak-anak itu kalo itu beneran V.

84. ARMY Peru membuat lebih dari 5 projek untuk merayakan 4 tahun BTS debut. Yang pertama adalah Bangtan Bus, projek kedua adalah memasang posternya BTS di papan iklan pinggir jalan (ukuran kecil), yang ketiga hampir mirip sama projek kedua tapi dipasangnya di papan iklan besar, yang keempat adalah memasang banner bergambar BTS di dinding-dinding pinggir jalan. Mereka juga mengisi papan iklan dengan Hope Day dan Suga Day. Projek ketujuh adalah mengisi papan iklan utama dengan BTS di mall terbesar di Cusco. Yang terakhir adalah nonton bareng BTS Live Trilogy Eps 1 & 2 ARMY Peru di sebuah bioskop. 

[28/06/17]
85. 8 Juni, member FT ISLAND, Jaejin, mengungkapkan di Kiss The Radio kalau dia menyukai Jimin. Di radio dia sebenernya enggak tahu namanya Jimin, dia cuma bilang kalau dia suka member BTS yang nyanyi part pertama di BS&T. Trus diberitahu sama Jonghoon kalau nama member BTS itu adalah Jimin. Dia pun bilang, “Oh ya, namanya Jimin. Dia sungguh menarik. Dia tipeku. Tolong telepon aku.” Dan teman-temannya pun tertawa.

[30/06/17]
86. BTS mengalahkan Selena Gomez, Ariana Grande dan Justin Bieber di Top Social 50 Billboard. BTS menempati posisi #1. Mereka telah memecahkan rekor menjadi peringkat pertama selama 29 kali.

87. BTS masuk dalam 25 Most Influential People on the Internet versi time.com. BTS bahkan meretweet postingan Time di twitter. Majalan Time juga membicarakan tentang ARMY dan bagaimana ARMY membantu BTS menang di BBMAs ^_^ 


88. Beberapa waktu lalu, lupa kapan tepatnya, V terlihat sedang makan sama cewe. Ternyata, itu bukan cewe, tapi dia adalah Jang Moonbok, cowo wkwkwk. Jang Moonbok ini adalah kenalannya V di toilet.


ps. kalo mau copas tolong sertakan credit (fb, twt dsb) dan backlink (blog) ya ^_^