Fakta BTS [update Oktober 2016]


1. Big Hit mengonfirmasi bahwa BTS akan comeback dengan full album kedua, berjudul Wings pada 10 Oktober 2016


2. Pada tanggal 4 September, BTS merilis teaser pertama untuk comeback mereka. Kali ini BTS memakai konsep short film. Jungkook menjadi aktor utama dalam teaser ini.

#1 Begin
Di menit pertama terdengar suara Rapmonster. Dia menarasikan sebuah kalimat dalam novel Demian yaitu The realms of day and night, two different worlds coming for opposite poles, mingled during this time. 

Tulisan hangul di video itu adalah lirik lagu Tomorrow yang dinyanyikan Jungkook. Artinya, because the dawn right before the sun rises is darknest. Ngomong-ngomong lirik lagu ini adalah kalimat yang paling disukai Suga dari lagu Tomorrow.


Arti lagu yang dinyanyikan Jungkook : The 15 year old me ... who had nothing....

Jungkook terlihat mengambil sebuah gambar yang mirip dengan foto Suga.

Ada yang beranggapan kalau gambar seorang pria dalam lukisan itu adalah Suga, ada juga yang menyebutkan kalau itu V.

Ada bercak-bercak warna di lukisan itu, dan Jungkook terlihat memanggil hyung sambil menangis.

Di chapter 5 novel Demian (by: Hemman Hesse), Sinclair (si tokoh utama) menemukan sebuah note yang ditinggalkan untuknya. Di note itu tertulis: "The bird fights its way out of the egg. The egg is the world. Who would be born first must destroy a world. The bird flies to God. That God's name is Abraxas.". Nah di video ini terlihat Jungkook menemukan sebuah surat bertepatan dengan datangnya burung-burung. Di bayangan Jungkook juga ada seekor burung besar, seolah burung itu adalah Jungkook sendiri.

Total viewers BTS Wings #1 Begin ini sudah mencapai angka 3.6M (update 22 September 2016)

3. Teaser kedua dirilis sehari setelahnya. Kali ini aktornya adalah Jimin.


#2 Lie
Masih dengan suara uri leader di menit pertama. Kalimat yang diucapkan Rapmonster itu, My parents house made up one realm. This realm is familiar to me in almost every way. Mother & father, love and strictness, model behavior and school. Kalimat ini adalah salah satu bagian dari novel Demian lagi. Sepertinya comeback BTS kali ini membawa konsep Demian.

Jimin diperlihatkan gambar circle-nya Jungkook sama circle-nya sendiri.

Jimin terlihat sedang duduk di sebuah ranjang, di sebelahnya ada ranjang lagi tapi kosong. Bisa jadi teaser-nya berhubungan dengan J-Hope. Karena di MV Run Jimin sama J-Hope memang saling berhubungan.
Trus Jimin diperlihatkan lagi sama circle baru. Ada tulisan EVA di sana. Eva, menurut novel Demian adalah nama dari ibu Demian, Frau Eva.

Ada gambar plang jalan. Yang itu bertuliskan, Pulkkot Arboretum - 2,1 km. Pulkkot Arboretum itu sejenis bunga.

Arti lagu yang dinyanyikan Jimin: Caught in a lie, find back the pure me, I cannot get out of this lie. Give me back my smile. Caught in a lie, save me from this hell, I can't get out of this chaos. Save me, who is being punished. 

Apel dalam novel Demian, merujuk pada Sinclair, yang berbohong pada semua orang kalau dia mencuri apel. Tapi justru karena kebohongannya itu, Sinclair jadi bulan-bulanannya Franz Kromer. 

Piano yang terbakar di teaser Jungkook, kembali diperlihatkan di teaser ini.

Adegan Jimin yang jatuh ke bathtub itu mirip dengan adegan V jatuh ke air di MV Run.

Kalimat pertama yang tertulis di teaser berasal dari lagu Run. Artinya: please stop me, please guide me, please let me breathe. Bagian yang dinyanyikan Jungkook.

Kalimat kedua yang tertulis agak mirip dengan lirik lagu Save Me. Artinya: I'm trapped inside of myself and I'm dead. Kalau ngga salah sih lirik yang dinyanyikan Jimin sendiri.

4. Hari selanjutnya giliran V. Dengan tagar #3 Stigma. Kabarnya gara-gara teaser ini kemampuan akting V banyak dipuji. Beberapa scene di sini tidak jauh beda dengan scene di MV I Need U dan Run.

 #3 Stigma
Narasi yang dibaca Rapmonster: It was the first fissure in the columns that had upheld my childhood, which every individual must destroy before he can become himself. Such fissures and rents grow together again, heal and are forgotten, but in most secret recesses, they continue to live & bleed.

V terlihat sedang berusaha merusak(?) sesuatu. Entahlah dia bawa obeng, dan yang dirusaknya itu tulisan Abraxas. Ingat sewaktu V sama Rapmonster coret-coret toko orang? Tapi kali ini Rapmonster ngga ada. V ditangkap oleh seorang polisi dan diinterogasi.

Tulisan yang tertera di bajunya V itu berbunyi Nirvana, yang punya arti sebuah negara atau tempat yang penuh dengan kebahagiaan dan damai. Baju dengan tulisan yang sama juga pernah dipakai V sewaktu adegan tenggelam di MV Run dan dipakai Rapmonster di MV yang sama.

Polisi: "Nama?"
V: "Kim Taehyung"
P: "Usia?"
V: "21 tahun"
P: "Orangtua?"
V: "Aku tidak memilikinya."

Di teaser sebelumnya #1 Begin, diperlihatkan close up mata yang hanya berisi sekilas cahaya. Di video ini gambar di mata itu diperjelas, yaitu gambar seorang wanita yang memeluk bayi. Kemungkinan ini ada hubungannya dengan Frau Eva. Eva adalah ibu dari Demian sekaligus cinta pertamanya Sinclair. Karena Eva sangat menyayanginya selayaknya seorang ibu. Di MV I Need U, ada adegan dimana V membunuh seorang pria yang melakukan adegan kekerasan pada wanita. Mungkin, wanita itu adalah saudaranya, tapi telah menjadi figur seorang ibu untuknya. Dan wanita itu serta pria yang dibunuhnya kembali muncul dalam teaser ini. Di MV Run juga V terlihat sedang memegang sebuah gambar polaroid seorang wanita yang menggendong anak kecil.

Teaser ini berhubungan dengan Rapmonster.


V, saudara perempuannya dan seorang pria yang dibunuhnya di MV I Need U berada di suatu ruangan. Ada kalender yang menunjukkan bulan Oktober, waktu di mana BTS akan comeback (sudah dikonfirmasi).
V memeluk saudara perempuannya.

Adegan di mana si polisi minum air, sama persis dengan adegan pria (yang dibunuhnya) minum alkohol. V pun bilang "mengapa kau seperti itu padaku?", bisa jadi dia ingat scene itu dan membencinya.

Lagu yang dinyanyikan V.
I'm sorry I'm sorry I'm sorry my sister. 
Even if I hide it, even if I disguise it, it isn't erased. 
So cry, please dry my eyes. 
The light, please illuminate my crime. 
Deeper. 
Darkly. 
I feel like I'm dying. 
Please punish me. 

Terlihat seekor anjing putih mendekatinya. Tiba-tiba dia dikurung dalam jeruji besi. Bersamaan dengan itu diperlihatkan adegan di mana si pria menganiaya saudara perempuannya, juga scene dalam MV Danger. V terlihat menjatuhkan potongan kaca, menandakan kalau dia membunuh pria itu. Adegan di mana V terkurung sementara si anjing dibiarkan terlepas, karena ingin menunjukkan kalau V adalah anak yang baik meskipun dia baru saja membunuh seseorang.

Kalimat hangul yang tertulis, adalah bagian dari lirik lagu Whalien 52, Rapmonster line. There are only different whales speaking entirely different words.

Kalimat yang diucapkan V: "Please give me one phone call" mungkin berelasi dengan adegan di mana V menelepon seseorang di MV I Need U "Hyung, I want to see you, hyung." Yang lagi-lagi berhubungan dengan Rapmonster.

5. Sehari setelahnya teaser ke-4 pun dirilis. Kali ini sang aktor adalah biasku !! Min Suga!
#4 First Love

Narasi: there are numerous ways in which God can make us lonely, and lead us back to ourselves. This is the way He dealt with me in the time.

Awalnya fans menduga kalau teaser ke-4 ini adalah Jin. Seperti yang sudah kalian baca di atas, teaser 1 sudah berhubungan dengan Suga, teaser 2 berhubungan dengan J-Hope dan teaser 3 berhubungan dengan Rapmonster. Tapi sepertinya Big Hit ngga setuju sama pemikiran fans, wkwkwk. Buktinya sekarang yang muncul malah Suga.

Scene dimulai dengan Suga yang ngelempar batu ke sebuah toko. Nah di toko itu ada poster seorang pria yang lagi salaman sama pria yang punggungnya ada apinya. Déjà vu! Poster itu sama persis dengan adegan di MV Fire dimana Suga salaman sama orang asing yang punggungnya terbakar.

Toko itu adalah toko alat-alat musik. Suga duduk dan main piano. Nada yang dimainkannya mirip sama nada yang terdengar di teaser #1.

Sewaktu Suga diam, dia tiba-tiba mendengar suara siulan.
“But I won’t say anything. I can wait a bit. The day after tomorrow I’ll whistle for you. You know what my whistle sounds like, don’t you?”
He (Kromer) let me hear it. I Had heard it before.
“Yes,” I said, “I know it.”
Kromer is Sinclair’s first human link with the dark world
“There was not a single place, not a single game no activity, no thought which this whistle did not penetrate, the whistle that made me his slave, that had become my fate.”
Itulah arti siulan yang didengar Suga menurut novel Demian.

Pas Suga lagi nyari-nyari asal suara siulan itu, dia hampir aja tertabrak mobil. Suara tabrakan itu sama persis dengan yang didengar Jungkook di teaser #1.

Arti dari kalimat hangul yang tertulis: Would I have changed? If I had chosen a different path, if I had stopped and looked back. Merupakan lirik yang dinyanyikan Jimin, Jungkook, V dan Rapmonster dalam lagu Path.

Scene piano terbakar juga muncul dalam teaser #2. Scene itu mengikuti klip dimana Jimin hanya berdiri ketika air membasahi tubuhnya. Suga berhubungan dengan Jungkook. Mungkin kalian sudah sadar sejak I Need U dirilis, Suga selalu dihubungkan dengan api, Jimin selalu dihubungkan dengan air.
Circle-nya Suga menyatu dengan circle-nya Jimin, jadi kalau judulnya digabungkan menjadi, First Love is Lie.

Ngga banyak yang bisa dijelaskan dari teasernya Suga ini. Pokoknya Suga berhubungan dengan Jungkook, dan piano itu adalah labelnya.



6. #5 Reflection

Narasi: The other relam, however, overlapping half our house, was completely different. A loud mixture of horrendous, intriguing, frightful, mysterious things, including slaughterhouses and prisons, drunkards and screeching fishwives, calving cows, horses sinking to their death, tales of robberies, murders, and suicides.

Kali ini tokohnya adalah Rapmonster. Di awal teaser, diperlihatkan sebuah box besar yang disitu ada angkanya. Nah Rapmonster ada di dalamnya. Dia membuka amplop cokelat yang berisi gambar burung. Ingat teaser #1? Surat itu adalah surat yang sama dengan yang dipegang Jungkook.

Ingat sewaktu Rapmonster menggambar tato di MV Danger? Kali ini tato-nya diperlihatkan dengan jelas, Rapmonster membuat gambar burung itu sebagai tato di tangannya.

Ada tato lain di tangan Rapmonster, bertuliskan B0612 + RMS. Sebenarnya tato itu pernah muncul juga selama BTS Begins photoshoot. Semua member punya kecuali Jin. B0612 + RMS sendiri berarti:
(B)(+)(S) = BTS
0612 = debut MV release
RM= Rap Monster
Untuk member lain hanya mengganti huruf RM-nya saja. Seperti B0612 + JHS, B0612 + JKS, B0612 + VS dsb.

Adegan Rapmonster membakar kertas sama persis dengan adegan Jimin membakar kertas di MV I Need U. Kertas yang terbakar itu dimasukkan ke dalam gelas, trus airnya diminum. Ingat sewaktu Rapmonster makan lollipop terus dimasukkan ke soda di MV RUN? Lolipop itu sebenarnya adalah rokok.

Arti kalimat hangul: what do you see in the mirror right now? Adalah lirik dari No More Dream.

Suara kaca pecah, itu persis dengan saat dimana V menjatuhkan botol di teaser #3

Tulisan yang pernah Rapmonster tulis di MV I Need U, muncul kembali dalam teaser ini. Tulisan itu tak lain tak bukan adalah you need to survive.

Ruangan yang ditempati Rapmonster berubah jadi tempat yang penuh dengan cermin. Di saat itu terdengar bunyi telepon. Ini ada hubungannya dengan teaser #3. Masih ingat? Kalau tidak silahkan scroll lagi ke atas. Adegan di mana V meminta satu panggilan ke polisi.

Tapi box telepon umumnya disegel. Jadi Rapmonster tidak bisa mengangkat panggilan itu. Karena itulah muncul tulisan LIE di dinding box telepon.

Lagu yang dinyanyikan Rapmonster. I wish I could love myself (4x)

Kenapa box telepon umum? Yah … dilihat dari sumbernya ini sih, Rapmonster memang sudah berhubungan dengan itu di MV Run Japanese Ver. Anggaplah ini sebagai simbolnya saja

Circle-nya Rapmonster menyatu dengan circle-nya Jungkook.


7. Dilihat dari teaser sebelumnya, kalian sudah pasti menduga teaser #6 adalah J-Hope 'kan? Yap, teaser  #6 kali ini membawa J-Hope sebagai pemeran utamanya.

#6 MAMA
Narasi: What a face that resembled her son’s, timeless, ageless, and full of inner strength, the beautiful woman smiled with dignity. Her gaze was fulfillment, her greeting a homecoming. Silently I stretched my hands out to her. Rapmonster membacakan narasi yang menceritakan tentang momen di mana Sinclair bertemu dengan Frau Eva. Eva yang tak lain adalah ibunya Demian, memperlakukan Sinclair seperti anaknya sendiri yang membuat Sinclair jatuh cinta padanya.

JHope tampak sedang berada di ruangan serba putih, lalu seorang dokter datang dan menulis sesuatu yang tak lain adalah catatan kesehatan JHope.
keluhan utama: berulang kali
suasana: cemas dan sedikit tersinggung
proses berpikir: logis, terbelakang
delusi / halusinasi: (- / -)
Orientasi: waktu / tempat / orang: DBN (Dalam Batas Normal)
Penilaian: Munchhausen syndrome
Rencana: placebo
Munchausen sindrom adalah gangguan mental yang serius di mana seseorang mencari perhatian dengan berpura-pura sakit atau menjadi sakit atau sengaja terluka. [tirtojiwo.org]
Plasebo adalah sebuah pengobatan yang tidak berdampak atau penanganan palsu yang bertujuan untuk mengontrol efek dari pengharapan. [Wikipedia]

Jimin memakai baju yang memiliki desain sama dengan J-Hope, hanya berbeda warna saja.

Sewaktu jam menunjukkan pukul 1, pintu-pintu kecil di kanan kiri J-Hope terbuka dan mengeluarkan pil. Simbolnya J-Hope sejak jaman I Need U memang pil. Lagi-lagi pil-nya berhubungan dengan teaser #2

Circle-nya J-Hope sebenarnya sudah di spoiler di teaser #2. Ingat circle yang ada tulisan Eva?

Ada bagian yang ngagetin. Pas tiba2 muncul scene mata terbuka :3 di situ ada gambar dinding pertokoan seperti di teaser #3. Di dinding itu ada gambar lingkaran, lingkarannya Rapmonster dan tulisan di bawahnya WING V.

Warna-warni yang di teaser sebelumnya muncul di tangannya Rapmonster, sekarang muncul kembali di ruangannya J-Hope.

Susah menjelaskan pergantian warna di tempatnya J-Hope. Tapi kalau kitanya jeli, kita bisa melihat banyak hal yang muncul. Seperti gambar wajah di cover novel Demian yang dibuat terbalik dan sepasang sayap.

Kalau di teaser #2 Jimin sangat menikmati permainan perang bantal, di teaser ini justru J-Hope menghancurkannya
.
Pemandangan yang dilihat J-Hope sama persis dengan gambar pemandangan di teaser #2. Ingat bayangan persegi besar yang terlihat di awal teaser #2? Itu adalah bayangan dari ruang balok yang ditempati J-Hope.

Arti tulisan hangul: the sky is blue and the sun is shining. Lirik yang dinyanyikan Jin di I Need U.

J-Hope makan Snik*rs permirsa!! Wkwkwk. Dia ngga lagi promosi iklan plis. Di cerita Demian, ada saat di mana Sinclair memakan cokelat.
“One night, after I had gone to bed, she brought me a piece of chocolate. It reminded me of former years when, if I had been a good boy, I would receive such rewards before I fall asleep. (…) The next morning, when she wanted to ask me about my behavior of the night before, I pretended to have forgotten the episode completely.”

Pulkkot Arboretum yang muncul di teaser #2 ternyata sebelumnya pernah muncul dalam salah satu MV Japanese BTS.

Gambar pemandangan yang semula dilihat J-Hope berubah jadi gambar seorang ibu yang sedang memeluk anak dengan nama Eva. Gambar yang sama seperti yang terlihat di close up mata teaser #3.

Circle J-Hope menyatu dengan milik V.

8. #7 Awake
Narasi: The bird fights its way out of the egg. The egg is the world. Who would be born must first destroy a world. The bird flies to God. That God’s name is … Abraxas.

Ini adalah short film terakhir. Semua misteri-misteri di short film sebelumnya dijelaskan di sini.
Apel mengacu pada Jimin. Kamera Polaroid yang dipegang Jin, sama dengan kamera di MV Run, sewaktu Jin motret Suga, J-Hope sama Jungkook.

Tulisan you need to survive muncul kembali, kali ini di sebuah cermin.

Jin terlihat sedang bermain pemantik api. Api mengacu pada Suga.

Adegan dimana Jin menaruh kelopak bunga di lantai itu sama seperti di MV I Need U. Kali ini bunganya dibakar.

Ada banyak adegan yang mirip dengan di MV I Need U. Jin membuka tirai jendela, tapi kali ini yang dia lihat adalah cermin.

Arti tulisan hangul: We cried a lot and laughed a lot but it was so beautiful. Lirik dari lagu Move.

Adegan saat Jin mau membuka pintu, di situ kita bisa lihat semua benda yang muncul dalam short film sebelumnya. Lukisan pria => Jungkook, pintu & apel => Jimin, piano => Suga, lemari yang tersegel => Rapmonster, gambar Eva => J-Hope, baret & pola Abraxas di scene selanjutnya => V.

Lagu baru lagi >< suaranya Jin sumpah keren banget.
It’s not like I believe it
I’m just bearing it
Because this is all I can do
I want to stay
I want to dream more
But it’s time to leave
Yeah, it’s my truth, it’s my truth
I would be full of scars
But it’s my fate, it’s my fate
Still, I want to struggle
Maybe I can never fly
Just like those flowers, just as if I had wings
Maybe I never will
Maybe I can’t touch the sky
But I still want to outstretch my hand, I want to run just a little more

Gambar lukisan burung yang dilihat Jin itu sama dengan gambar yang terlihat di short film Jungkook & Rapmonster

Di akhir teaser, ada 6 gambar Polaroid. Yang pertama adalah gambar cermin (#5 Reflection), gambar Eva (#6 MAMA), apel (#2 LIE), piano (#4 First Love), burung (#1 Begin), dan baret (#3 Stigma).

Intinya, tidak ada seorang pun dari mereka yang mati. Sinclair yang sebenarnya adalah Jin, dan keenam member bisa jadi adalah Demian-nya. Di novelnya, Demian sendiri adalah seseorang yang datang dari keinginan Sinclair dalam urusannya dengan masa muda. Sinclair adalah anak laki-laki yang polos dan tak tahu apa pun. Baginya tidak ada titik tengah antara baik dan buruk. Jika kita lihat kembali HYYH era, semua member tampak berjuang di dalam kegelapan dan sisi buruk kehidupan, Jin juga begitu tapi dengan luka yang berbeda. Adegan Jin membakar kelopak bunga dan meninggalkan gambar Polaroid adalah tanda bahwa ia menerima kenyataan, bahkan jika itu menyakitkan dan ia tidak siap untuk menerimanya. Intinya, setiap member mewakili setiap momen dalam hidupnya Jin.

Circle-nya Jin tampak seperti ada jaring2nya. Tapi kalau kita lihat, ternyata circle Jin adalah induk dari 4 circle yang sudah sejak awal terlihat.

9. Ada yang bilang kalau Demian ini menceritakan tentang alter ego seorang Sinclair. Tapi entah apa pun itu, intinya novel ini memang cocok untuk konsepnya BTS. Tentang seorang pemuda yang sedang mencari jati diri. Aku pribadi belum baca bukunya, sulit nyarinya.

10. Fakta lain tentang Demian, Rapmonster pernah bilang kalau buku yang sedang dibacanya adalah Demian. Ia pernah membawa buku itu dalam suatu interview.

11. Suga mengenalkan peliharaannya lewat Twitter. Adalah seekor anjing kecil berbulu cokelat yang diberi nama Min Holly wkwkwk

12. J-Hope memakai topeng(?) bunga sewaktu BTS lagi VLive untuk greeting Chuseok

13. Ulangtahun Rapmonster, member membuat kejutan dengan memperlihatkan Rapmon sebuah video jaman baru debut dulu

14. Anjingnya Rapmonster bernama Rapmon. Dinamai seperti itu untuk menggantikan posisinya Namjoon di rumah

BTS Summer Package 2016 in Dubai
15. Untuk pergi ke lokasi pertama pemotretan, BTS dibagi dalam dua mobil. Mobil satu: Rapmonster, Jin, J-Hope, V. Mobil dua: Suga, Jimin, Jungkook. Suasana di mobil satu asyik banget, karena ada J-Hope di sana, jadi mereka bercanda terus. Beda banget suasananya sama mobil dua, mereka malah asyik dengerkan lagu dari hp masing-masing

16. JK: "Apakah itu unta sungguhan?"
Suga: "Memangnya itu terlihat sebagai manusia untukmu?"

17. BTS bermain dengan bahagia di padang pasir. Mereka mencoba main skateboard tapi karena pasirnya ngga lembut, mereka jadi susah. Suga jatuh pas lagi nyoba terlihat keren. Btw Rapmon udah nyerah sejak awal, "Lebih baik menikmati pemandangannya".

18. Sesi yang paling lucu adalah "Secret Friend", jadi member di suruh membelikan hadiah untuk secret friend yang mereka dapat. Jin => Jungkook, Suga => Rapmonster, Rapmonster => V, J-Hope => Suga, Jimin => Jin, V => Jimin, Jungkook => J-Hope. Tim dibagi 4 untuk pergi berbelanja. Tim 1 Jin & V, tim 2 Suga & J-Hope, tim 3 Rapmonster & Jungkook, Jimin pergi sendiri.

19. J-Hope kesulitan membeli hadiah untuk Suga karena mereka pergi bersama :D Hampir saja J-Hope ketahuan.
S: "Apakah secret friend-mu itu aku?"
JH: (kaget) "Apa?"
S: "Kau terus mengatakan ingin membeli barang yang kusuka. Jadi secret friend-mu benar aku?"
JH: "Bukan, bukan hyung."

20. J-Hope salah nebak. Pertama dia nebak kalo yg beliin dia hadiah itu Jimin, eh ternyata Jimin beli hadiah buat Jin. Yang kedua, J-Hope ngira Jin yang beliin dia hadiah, ternyata Jin belikan buat maknae. Pas bagian nebak yg maknae, dia malah mengira bukan si maknae yang beliin dia hadiah, tapi justru dia dapet hadiah dari maknae. Ngga tanggung-tanggung, Jungkook ngasih dia hadiah gelang, tas & baju.

21. V sudah tahu sejak awal kalau Rapmonster yg jadi secret friend-nya. Soalnya pas milih, V ngga sengaja ngambil namanya sendiri. Bagusnya lagi waktu itu yang terakhir milih itu dia sama Rapmonster, jadi V tahu kalo Rapmonster yg bakal kasih hadiah ke dia.

22. V, Jin & Jimin ngedance Run biar dapet es krim gratis.

23. Suga dapat parfum, JK dapat lampu meja, Jin dapat ornamen kecil, Rapmonster dapat cincin perak yang ada batu akik-nya :D V dapat gelang & kalung yang sebenarnya kalung itu adalah tasbih, trus Jimin dapet kartu, entahlah kartu apa itu.

24. Big Hit merilis foto teaser untuk comeback WINGS. Teaser pertama yang dirilis adalah Jungkook & Rapmonster. Menyesuaikan pasangan circle mereka.









25. Photo teaser yang dirilis kedua adalah Suga & Jimin >< Mereka tukeran warna rambut >< Jimin abu-abu, Suga hitam. Black haired Yoongi!!











26. Photo teaser ketiga adalah couple di Bangtan yang paling fenomenal => VHope!











27. Masih belum ada kejelasan kapan foto teaser Jin dirilis. Rambutnya aja masih dirahasiakan. Malah ada fans yang menemukan kalau Jin lagi pake wig pas tampil di Busan One Festival.

28. Followers BTS di Vlive sudah mencapai 3 juta. Menempati posisi pertama akun Vlive yang paling populer.

29. Baju yang dipakai V di siaran Vlive congratulation on 3 million followers ini tiba-tiba diserbu banyak fans sampai stoknya habis. The power of BTS!



30. BTS X PUMA Bog Sock 2016









31. BTS melakukan Vlive tanggal 9 Oktober pukul 22.40 waktu Korea. Namun sempat delayed karena banyaknya fans yang mengakses akun tersebut di waktu yang sama. Sehingga Vlive dimulai sekitar pukul 23.00 waktu Korea

32. Tanggal 4 Oktober 2016, Big Hit merilis concept photo WINGS keempat. 






32. BTS ‘WINGS’ Concept Photo Special [161004]






33. BTS schedule Oktober 2016
13 Oct : Jimin Birthday,SBS Cultwo show (Broadcast), Mnet M!Countdown (Broadcast)
14 Oct : KBS Music Bank (Broadcast), BTS Fansign 'WINGS' (Synnara) 8PM KST

16 Oct : 2016 K-POP World Festival in Changwon (Broadcast)
23 Oct : 2016 BUSAN ONE ASIA FESTIVAL (Closing Ceremony Concert)
27 Oct : Mnet M!Countdown in Jeju (Broadcast)* schedule can change any time
34. Tracklist untuk Full Album WINGS 

35. Tentang tracklist WINGS 
  • Intro: Boy Meets Evil adalah lagu solo pertama J-Hope. Untuk pertama kalinya, J-Hope menjadi member yang membawakan lagu intro. Seperti yang kita tahu sebelumnya, di album-album BTS yang lain member yang membawakan lagu intro kebanyakan Rapmonster dan Suga. Jadi kali ini, J-Hope diberi kesempatan untuk membawakan lagu intro.
  • Blood Sweat & Tears adalah lagu utama dari album ini. Di teaser, fans mengira BTS akan comeback dengan membawakan lagu ballad. Tapi perkiraan itu meleset. Lagu ini memiliki nada enerjik seperti lagu BTS yang lain, cuma menurutku, ini lebih keren aja sih. Coba dengarkan aja rapnya. Tapi sayang sekali, Jin cuma kebagian line sedikit. 
  • Begin adalah lagu yang liriknya berasal dari Jungkook dan akan dinyanyikan sendiri oleh Jungkook. Album kali ini BTS membawa konsep unik, jadi tiap member diberi lagu solo masing-masing. Sekilas lagunya sudah kita dengar di short film #1 Begin. Lagu ini dikomposeri juga oleh Rapmonster. Jungkook bilang lagu ini menceritakan tentang bagaimana dia datang ke Seoul sebagai trainee, dan bagaimana dia sangat berterima kasih pada hyungdeul-nya.
  • Lie ini adalah lagu yang ditulis, dikomposisikan dan dinyanyikan sendiri oleh Jimin. Intinya Lie adalah lagu solo Jimin yang pertama. Berisi tentang sebuah kebohongan. Jimin bilang lagu ini banyak nada-nada tingginya. Katanya, "aku tidak yakin bisa menyanyikannya secara live" sambil bercanda.
  • Stigma adalah lagu solo pertama untuk Taehyung, tapi merupakan lagu kedua yang dia tulis. Aku ngga begitu tahu ini menceritakan tentang apa, tapi kalau dilihat dari liriknya, kayanya V lagi menceritakan tentang dua adiknya. Segitu aja sih setahuku. Suaranya V deeper banget di sini loh, enak banget di telinga. 
  • First Love ini adalah lagu yang ditulis, dikomposisikan & dinyanyikan oleh bias tersayangku, Min Suga >< Ngga bisa disebut nyanyi juga sih, secara dia kan rapper :-D Lagu ini menceritakan tentang cinta pertama. Awalnya kupikir cinta pertamanya itu siapa gitu, eh Yoongi bilang sendiri pas siaran Vlive yang kira-kira gini, "Kalau kalian mau tahu siapa cinta pertamaku, baca saja bait pertama". Btw bait pertama itu dia dua kali menyebutkan kata 'piano'. Jadi kemungkinan besar cinta pertamanya adalah piano 3:-D tiba-tiba gw berubah jadi evil Pokoknya gitu lah. Yoongi bilang dia sempet nangis sewaktu rekaman. Soul-nya dapet banget. Jadi teringat The Last lagi T^T
  • Reflection adalah lagu solonya Rapmonster. Yang ini aku juga ngga begitu tahu menceritakan tentang apa. Rapmon nulis liriknya pas lagi jalan-jalan ke maaf saya lupa kemana  dan katanya lagu ini paling cocok didengar di bulan Oktober. Jadi banyak-banyak dengerkan lagu ini ya ^^ 
  • Mama lagi-lagi berasal dari J-Hope. Menurutku ini album memang sengaja dijadikan lahan debut solonya J-Hope :-D Debut sebagai member yang membawakan intro & debut sebagai solois. Musiknya keren, rapnya juga ngga kalah keren. Lagu ini dari judulnya sudah kelihatan menceritakan tentang siapa. Intinya J-Hope menceritakan tentang ibunya sewaktu J-Hope masih kanak-kanak.
  • Awake. Lah ini lagu yang paaaaling aku suka dari yang lain. Uri Jin akhirnya punya lagu solo !!! Lirik, musik, semuanya dia yang ngurus sendiri. Dinyanyikan juga sendiri. Katanya, "Ternyata mengomposisi musik jauh lebih sulit dari menulis lirik". Aku ngga tahu tentang apa, belum baca translate-nya secara menyeluruh. Tapi meski kita ngga tahu apa artinya, kita sudah bisa menangkap intinya dari cara Jin menyanyikan lagu ini. Pokoknya keren deh. Jangan sampai ngga denger lagu ini. 
  • Lost adalah lagu untuk vocal line. Jadi ngga ada rapnya sama sekali. Sama kayak lagu House of Cards & Outro: Propose.
  • Cypher pt 4 adalah lagu khusus untuk rap line. Mengikuti Cypher 1, 2 dan 3. Begitu denger kalo Cypher ada lagi, V semangat banget. Kayaknya anak itu bakal nyari-nyari kesempatan buat ngecover Cypher lagi kayak yang kemarin itu :-D
  • Am I Wrong, Rapmonster bilang lagunya akan mirip sama lagu Dope & Baepsae. Pokoknya, dengerkan aja. 
  • 21st Century Girl adalah lagu BTS yang bentuknya mirip-mirip gitu sama gaya lagu BTS di awal-awal debut dulu.
  • Ddul Set! Ini adalah lagu official untuk ARMY ^^ Kalau dulu ada I Like It yang unofficial, sekarang sudah ada yang resminya. Lagunya enak banget. Nyaman di telinga fangirl  pokok 
  • Interlude: Wings. Awalnya kupikir cuma ada permainan piano seperti Interlude di Mixtape-nya si Yoongi. Tapi nggak kok, ini lagu yang dinyanyikan BTS. Bagus juga. Patut didengarkan.

36. Tentang BTS - Blood Sweat & Tears MV 
  • Jin melakukan adegan kissing dengan patung pria bersayap hitam
  • Jati diri V yang sesungguhnya terungkap sudah. Ada bekas luka di punggungnya, semacam luka akibat sayap terlepas
  • Suga memberikan penutup mata ke Jimin
  • Rapmonster menyemburkan asap rokok dari mulutnya
  • Suga tampak sedang memainkan piano
  • Jin melihat bayangannya di cermin, di mana wajahnya seperti retak


37. Cara BTS menolak cewek (dari sebuah interview majalah) 
  • J-Hope: "Maaf ya, kau terlalu baik untukku."
  • Rapmonster: "Ha, fyuh. Haruskah aku memberimu sedikit obat? tampaknya kau akan merasakan sakit sebentar lagi."
  • V: "Wah, hatiku tersentuh. Sebentar lagi aku akan pindah ke tempat yang jauh dari sini. Aku akan berada di tempat itu dalam waktu yang lama. Apa kau mau menungguku?"
  • Jin: "Aku tidak bisa pacaran denganmu."
  • Suga: "Aku yakin kau akan menemukan pria yang lebih baik dariku." 
  • Jimin: "Aku sudah punya gadis yg kusukai. Tapi kalau aku tak menyukainya, mungkin kita bisa pacaran." 
  • Jungkook: "Aku boleh jujur kan? Aku tidak punya perasaan apapun terhadapmu."

source: wowkeren
38. Penjualan album BTS WINGS mencapai 100ribu copy di Hanteo pada hari pertama rilis, ini tidak termasuk PO yang kemarin

39. Koreografer dari Blood Sweat & Tears adalah Keone Madrid dan saudaranya 
40. BTS juga akan mempromosikan Am I Wrong dan 21st Century Girl selain Blood Sweat & Tears di musik show. Siap-siap kena serangan jantung >< 
41. Belum 24 jam masa rilis, MV Blood Sweat & Tears sudah ditonton sebanyak 5,5 Juta viewers (18 jam). Terus streaming ya ^^ 
42. Update 18.00 KST (setara pukul 16.00 WIB)
43. Info Perjam 5pm kst, WINGS #1 di iTunes di 27 negara.
Cr daily_namjoon | via: BTS ARMY Indonesia fanspage
44. 
Sunwoo Boys Republik memposting percakapannya dengan J-hope di katalk
Sunwoo: MV nya keren, fighting buat promonya ya 😁
Jhope: Hyung!! Makasih ㅠㅠㅠ
Jhope: sering-sering dengerin ya ㅠㅠ
via: BTS ARMY Indonesia fanpage
45. Preview BTS Wings Presscon





kekasihku Min Suga!! ><


46. Peaches & Cream yang dinyanyikan Rapmonster dalam lirik lagu Blood Sweat & Tears ternyata adalah sebuah idiom dari sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan (A very enjoyable experience). Tapi aku menemukan yang lain di instagram, kalau Peaches & cream itu juga bisa mengarah ke hal yang berbau p*rn*. Entahlah mana yang benar, itu urusannya Rapmonster :-D

47. Ternyata bukan cuma Peaches and cream aja, tapi juga ada makna yang tak pantas untuk konsumsi remaja pada kalimat chocolate wings

48. BTS menjadi idol K-pop pertama yang menduduki peringkat 1 iTunes Top Album Chart dengan album WINGS. Yang pertama loh gaes, proud deh ^^ (sumber: naver | PEACHISODA | via: ARMY Indonesia fanpage)

49. Ucapan terima kasih V BTS dalam Album Wings 
Aku merasa malu.......
Aku sangat berterimakasih kepada Bang PD-nim, wakil presiden direktur Seokjin-nim , direktur Shingyu-nim direktur Chan Eun-nim yang telah membuat kita untuk meliris album yang lain, aku mencintai mu.....
Ayah ibu adik ku aku berterima kasih karena telah berkerja keras, aku mecintai kalian
Dan semua manager hyung-nim yang selalu menjaga kesehatan semua, selain itu Hobeun hyung, Sejin hyung, Jungil hyung, Sungseok hyung, Yonjae hyung, Soonhak hyung, Minhyuk hyung dan Yoontaek hyung, terimakasih karena telah berkerja keras dan selalu menjaga kodisi kami.
Dan manajemen team hyung dan noona terimakasih karena telah berkerja keras, hyukgi hyung dan jaehoon hyung
Visual membuat visual Hyungi hyung, Jaehoon hyung, Sunghyun hyung, Hyunjoo noona, Sungkyung noona dan Gabriel hyung secara pribadi aku berpikir aku terbaik dalam menggunakan jaket ( saat pemotretan )
Kepala departemen Haejung-nim, Chaewon-nim, Haesoo-nim, Seoyeon-nim, aku mengirim banyak cinta untuk kalian
Rookie development, seseorang yang peduli terhadap kita Sunjung noona, Minjung noona, terima kasih banyak, aku berharap kalian dapat mengambil banyak orang yang mengangumkan
Noona Manager bisnis dan kepala departemen Hwisoon-nim yang selalu tersenyum setiap saat kau seperti bunga saat kau tersenyum
No 1 semua Army, marketing noona dan Lee Seul noona siapa yang berpikir 'survives' dan 'newdeops' setiap hari kepala tim Jaedong-nim dan tim Sulhae noona, kepala a&r Chan Woon-nim, Nonohyun hyung, Boohoung hyung, Woohyoung hyung, terimakasih sudah berkerja keras
Dan woojung noona, surin noona, hyungi noona, boonhong noona sungjung noona mijung noona hayan noona aku mencintai kalian semua cinta!!!! Cinta!!!!
Dan guru sandeuk siapa yang berpikir kita akan berkerja sangat keras AKU MEMPUNYAI MIMPI AKU SANGAT TERGILA GILA DENGAN MENARI AKU BERHARAP AKU AKAN MENJADI PRO DANCER AKU PERCAYA ITU.
Untuk semua army yang mecintai ku aku sangat mencitai kalian dan aku berterimakasih hm hm hm hm hm hm hm hm hm cinta cinta cinta cinta cinta aku malu roon fence direktur Nam Hyun Woo ku mohon tetap perhatikan kita untuk waktu yang sangat panjang dan selama nya keluarga hwarang, kalian berkerja keras aku mecintai kalian......
DAN SEMUA YANG ADA DI BUMI TOLONG SELALU BERI KAMI DUKUNGAN DAN SEMANGAT KETIKA KAMI SEDANG SEDIH ATAU DALAM KEADAAN BURUK
Dan yang terakhir semua member BTS Namjoon hyung, Hoobie hyung, Jin hyung, Suga hyung, Jimin dan Jungkook kalian semua orang yang terpecaya di dunia ini, kalian tau aku selalu bediri bersama semua member dan selalu mencintai semua member kan kan ?
Its " forever "

Trans by taehyungbase
50. Fan song 2, 3! ternyata liriknya berisi tentang bagaimana BTS mengetahui apa saja yang dikatakan haters pada mereka. Mungkin awalnya kita pikir lagu ini akan menjadi lagu yang penuh kata-kata cinta, tapi ternyata tidak seperti itu. BTS seolah mengajak ARMY untuk melupakan masa lalu saat mereka berhitung 1, 2, 3!
51. Jimin mengucapkan terima kasihnya pada Taemin (SHINee) dan Jongin (EXO) di Album WINGS

13 Oktober 2016 (Jimin Birthday)

52. Panggilan Suga saat masih SD adalah 'Min Snail' atau Siput Min. Karena dia lambat dalam berbagai hal kecuali berbicara. bahkan sekarang pun dia masih lambat dalam berbagai hal (SBS Power Cultwo Show 161013)
53. BTS melakukan comeback stage dengan Blood Sweat & Tears, 21st Century Girl & Am I Wrong pada 13 Oktober 2016 di Mcountdown







54. BTS merayakan ulangtahun Jimin setelah melakukan recording Blood Sweat & Tears. Lalu fans mengucapkan selamat ulangtahun padanya saat melakukan recording 21st Century Girl. (BANGTAN BOMB)



55. Ayah Jimin memberinya sebuah karangan bunga yang bertuliskan, "Untuk anakku Park Jimin yang kubanggakan"

56. Jimin mendapat hadiah mainan dari member kalau ngga dari Hobie ya Namjoon, dan sebuah sweater merk Gucci dari V yang langsung dipakai saat syuting SBS Power Cultwo Show. Sweater itu sebenernya buat cewe :"D harganya $1100 !!

57. Kue ulangtahun yang dibawa member adalah kue yang sama yang pernah dibeli Jimin saat merayakan ulangtahun Rapmonster dulu.
58. BTS juga melakukan siaran Vlive untuk merayakan ulangtahunnya Jimin
59. Jimin mendapat hadiah sebuah mug dari SBS Power Cultwo Show
60. Jimin bilang, "Hobie hyung terus mengingatkanku tentang ulangtahunku. Dia terus mengatakan kalau ulangtahunku akan datang sebentar lagi."
J-Hope: "Tengah malam kurang tiga jam lagi, semuanya. Aku adalah alarm ulangtahun."
61. Ayo vote BTS di M Countdown (periode 14 Oktober - 17 Oktober pukul 7 WIB)
caranya: 

  • Klik link ini => link mati
  • Cari BTS - Blood Sweat & Tears lalu klik 
  • Karena harus pake akun, maka log in dulu. Klik aja Facebook/Twitter/Kakao kalo ngga punya akun di Mnet 
  • Isi kode verifikasi 
  • Selesai. 
  • tambahan nih. Kalo kalian punya baaaanyak akun Fb/twt, sebelum vote lagi tolong log out dulu, trus log in lagi pake akun lain. Mudah kan?
62. Album BTS ada 4 macam, yaitu W, I, N dan G. Yang membedakan ada pada photobooknya. W = Jin & Grup, I = V & J-Hope, N = Suga & Jimin, G = Jungkook & Rapmon. Btw aku pingin banget yang N T^T bahkan sebelum tahu kalau N itu banyakan Suga nya, aku udah menetapkan hati di sana T^T soalnya namaku diawali dengan huruf N #abaikan

63. Line Up Music Bang 14 Oktober 2016 ada BTS nya ^^ Streaming langsung pukul 15.00 WIB

√ https://www.youtube.com/shared?ci=SfQdD6QpTM8

[161014 FANACC] Synnara Fansign via: BTS ARMY - Indonesia fanpage
64. Jungkook diberi pertanyaan oleh fans, "Jika GD sunbaenim dan aku jatuh ke dalam air, apa yang akan kau lakukan? 
pilihannya: 1. Menyelamatkan GD sunbaenim. 2. Menyelamatkanku. 3. Melarikan diri. 4. Jatuh bersama-sama. 5. (isi sendiri) 
dan Jungkook memilih nomor 4 T^T

67. V diberi pertanyaan oleh fans, "Diantara lagu solo ini, selain lagu milikmu, mana yg paling kamu suka?" 
pilihan: 1. Begin. 2. First Love. 3. Reflection. 4. Mama. 5. Awake. 6. Lie 
dan V memilih nomor 1 :"D eh cie Vkook shipper mana suara kalian???!! 

68. JM: halo siapa namamu?
Fans: namaku (...)
JM: (baca post-it) "Oppa tampan sekali, aku suka sekali denganmu jadi aku tidak ingin punya pacar. Aku harus bagaimana?" Ah kenapa kau tidak cari pacar~
Fans: aku sekolah di sekolah perempuan.. Oppa tampan sekali
JM: lalu apa hubungan antara aku tampan dengan kau yang cari pacar?
Fans: standar ku jadi tinggi!
JM: (tertawa) kenapa kau tidak suka dengan mereka? (laki-laki yg ditemui si fans sebelumnya)
Fans: hehehe
JM: meskipun begitu, coba deh kau temui mereka sekali, opinimu bakal berubah (di post-it nya Jimin menulis "fighting")


69. Suga dapat pertanyaan dari fans, "Yoongi oppa, kapan kau akan memperlihatkan lagu yg kau buat utk Jimin oppa? ( aku mengantisipasinya )"
dan Suga menjawab, "Tunggulah sebentar lagi"

70. J-Hope dapat pertanyaan dari fans. Yg pertama, "Taehyung mengatakan bahwa Hoseok selalu mengusili maknae line, bagaimana perasaanmu?"
Pilihannya: 1. aku menyukainya. 2. sedikit suka
dan pilihan J-Hope adalah dua-duanya :"D 
Lalu pertanyaan kedua, "Member yang paling kau suka untuk diusili" 
Jawabannya adalah Jimin :"D

71. Seorang fans memberi V sebuah pokeball (bola yang jadi tempat tersimpannya pokemon) sambil berkata, "Oppa, aku membawakanmu rumah". Si V ketawa terus pura-pura masuk ke dalam bola itu :"D lucu banget si Mphi mah :* 


72. Suga dapet pertanyaan dari fanboy (kayaknya), "Suga hyung (?) aku sangat tersentuh saat mendengar mixtapemu, terimakasih. Aku penasaran ttg tingkat kebahagian Min Yoongi hari ini. Dari 1-100%, seberapa banyak (kebahagianmu)??"
Trus jawabannya Suga, "95%. 5% nya lagi karena kondisi badanku yang tidak cukup baik. tapi aku sangat-sangat sehat, jadi jangan khawatir" 
Jangan sampe sakit, Yoongi-a T^T
73. Suga lagi ^^ " Tolong gambarkan 'Flaming Suga' (suga yang terbakar)!! Seperti ini ->...."
Astaga gambarnya :"D

74. Jin mendapat pertanyaan dari fans, "apakah kau sudah melihat nama Bangtan di manga Mario Bross?" 
Jin menjawab dia sudah melihatnya karena fans mengirimi mention padanya. Jin mengatakan bahwa dia merasa sukses sebagai seorang fans. 
huweee~~ aku juga mau dong T^T tapi di mention BTS :"v 

75. Hari ini (15 Oktober 2016) BTS akan tampil di Music Core ^^ Live streaming pukul 13.50 WIB link => AQ Stream (pilih channel MBC)

76. Di album WINGS, lagu yang paling cocok untuk Rapmonster adalah Interlude: Wings, Jimin memilih Mama, dan Jungkook memilih Lost. Kayaknya Jungkook emang suka banget sama Lost :"D [Synnara fansign 161014 via: BTS ARMY - Indonesia]



77. Moombahton adalah perpaduan genre antara house music dengan reggaeton. Blood Sweat & Tears BTS tertulis di website en.wikipedia sebagai lagu yang menggunakan genre musik ini. 

78. BTS tampil di Inkigayo 16 Oktober 2016. Ada kejadian lucu, bajunya Jungkook kancingnya pada lepas hampir semua :-D Dan lagi bagian ketiaknya ada yang robek :"D Yang streaming live pasti tahu.

79. Di Ask in A Box, ada seorang fans yang menanyakan tentang Holly. Begitu denger nama Holly, Suga jadi banyak senyum. Katanya, "memikirkan Holly membuat hatiku sakit". Dilanjutkan, "Aku sebenarnya tidak begitu suka dengan anjing, tapi setelah mengenal Holly...." Trus Jimin bilang, "aku pernah datang ke rumah Suga hyung. Saat bersama Holly, dia akan menjadi seseorang yang tidak kalian kenal. seperti kemarilah kemarilah (cute)~"

80. Entah ini sudah dikonfirmasi atau belum, ada yang bilang kalau BTS akan muncul di Weekly Idol pada tanggal 26 Oktober. Wah ditunggu banget 2x faster dance nya :"D

81. Q: "Warna rambut apa yang paling kau suka?"
Suga: "Hitam." [Ask in A Box]

82. Ada yang tanya apakah Suga mewarnai rambutnya sesuai cover album, Suga jawab ngga, katanya dia cuma ingin aja warna-warna itu. [Ask in A Box] 

83. Katanya Jin itu ngga suka sama jarinya sendiri dan pingin banget punya jari mungil kayak Jimin. [Ask in A Box] 

84. Jungkook sangat sensitif dengan bau-bauan. Aroma yang paling dia suka adalah aroma sabun, karena menurutnya sabun itu terbuat dari parfum. [Ask in A Box]

85. BTS adalah artis Korea pertama yang albumnya masuk ke list utama chart UK. Ada yang bilang kalo chart UK ini paling sulit ditembus orang-orang Asia. Proud deh *prok prok 

86. Ulangtahun Vapp yang pertama, BTS dapat kursi pijat dari fans. Yang pertama kali mencoba kursi pijat itu adalah Jimin karena mereka melakukan siaran di hari ulangtahun Jimin. [BTS Vlive 13 Oktober 2016]

87. Seorang lucky fans memasangkan choker ke leher Suga. Lupa ini di fansign apa, pokoknya si mbaknya pake baju kotak2 merah. Sumpah, envy banget aku liatnya T^T kapan aku bisa kayak gitu???

88. Suga mengonfirmasi kalau tidak ada MV untuk So Far Away T^T Jangan salah fokus sama Holly or Kumamon nya loh ya :-D [via: ARMY Indonesia] 161016 BTS at Mokdong fansign

89. Bukti bahwa Suga sangat mencintai Holly. Q: "Jika Holly dan Kumamon jatuh ke dalam air, siapa yg akan kau selamatkan?" Dia jawabnya: "Holly" [via: BTS ARMY - Indonesia] 15 Oktober 2016 Bundang fansign

90. Nama Holly ternyata dari kakaknya Yoongi :-D di post it ini, si fans tanya siapa yang beri nama si Holly, dan Yoongi bilang kalo nama itu hyung nya yang ngasih. Lucu ya :-D [via: ARMY Indonesia fanpage] Mokdong Fansign

91. Kalo kalian denger baik-baik di lagu MAMA J-hope, itu kalian akan denger suara ibunya Jeyop di menit ke 00:45. Bener-bener ibunya J-hope pemirsa :-D Jeyopnya ngerekam sendiri

92. BTS membuat rekor baru. Mereka adalah artis pertama yang MV nya ditonton sebanyak 20M dalam 136 jam >< Ini rekor baru setelah pencapaian 10M dalam 41 jam >< congrats! [Via: ARMY Indonesia fanpage] 

UPDATE 17 OKTOBER 2016
93. [161016 Mokdong Fansign] Seorang fans bertanya pada Jungkook tentang bagaimana reaksi hyungdeul setelah mendengar lagu Begin. Dia bilang, "mereka menyukainya." [via: BTS ARMY - Indonesia]

94. [161016 Mokdong Fansign] Ini adalah gambar Jungkook yang diminta oleh si fans. Si fans ini usianya lebih muda dari Jungkook. Dia minta digambar gitu, trus sama JK fans ini disuruh ngeliat dia tapi si fans ga bisa karena gugup. Jungkook bilang, "jangan gugup, aku jadi tidak bisa menggambar wajahmu. Oppa telah menghancurkan wajah imutmu TT^TT". Dan akhirnya Jungkook bilang, "jangan gugup di waktu berikutnya!" [via: ARMY Indonesia fanpage] 

95. [161016 Mokdong fansign] Jin mendapat pertanyaan dari fans soal Min Yoongi ><
Q : Apakah YoonGi punya kebiasaan tidur?
Jin : tidak
Jadi selama ini kita ketipu :-D [via: BTS ARMY - Indonesia fanpage]

96. Di sebuah fansign (masih era WINGS), V & Jimin dapet pertanyaan yang sama dari fans, "jika Jimin & Taehyung berdebat, siapa yang akan meminta maaf duluan?" 
Hebatnya jawaban mereka sama, "bersamaan/keduanya meminta maaf bersamaan" >< telepati 95L :"D 
[via: BTS ARMY - Indonesia fanpage]

97. Dispatch merilis foto Suga, Jimin dan Jungkook di instagram mereka.





Update 18 Oktober 2016
98. [17 Oktober 2016 Sincheon Fansign] Jimin memilih Taehyung, Yoongi & Namjoon sebagai member paling imut di BTS. [via: BTS ARMY - Indonesia]

99. [17 Oktober 2016 Sincheon Fansign] Jimin ingin melakukan akting dalam genre thiller. [via: BTS ARMY - Indonesia]

100. [17 Oktober 2016 Sincheon Fansign] Posisi duduk fansign kali ini. RM => Jungkook => Suga => Jin => Jimin => J-hope => Taehyung [via: BTS ARMY - Indonesia]

101. [16 Oktober 2016 Mokdong Fansign] Rangking member yang melakukan konsep seksi terbaik menurut Jin. 1. Jimin 2. Taetae 3. Hobi 4. Jungkook 5. Syuga 6. Namjoon 7. Jin. [via: BTS ARMY - Indonesia]

102. Member paling goodlooking menurut Taehyung adalah Jimin. Dan ini adalah gambar Jimin yang dibuat Taehyung. [17 Oktober 2016 Sincheon Fansign] [via: BTS ARMY - Indonesia]

103. Pertanyaan untuk Suga. Yang pertama: "apakah mungkin Taehyung akan mengambil part di Cypher pt. 5?" jawabannya: "tidak." Yang kedua: "berapa usia mental member Bangtan?" jawabannya: "semua ditulis 20" [17 Oktober 2016 Sincheon Fansign] [via: BTS ARMY - Indonesia]

104. "Apa goalmu setelah mixtape? DJ Radio?" Suga: "Holly DJ" [17 Oktober 2016 Sincheon Fansign] [via: BTS ARMY - Indonesia]

105. Rangking Hyung terlucu menurut Jungkook: 1. Jin 2. V 3. Hob 4.Suga 5. Rapmon 6. Jimin 7. Jungkook. [16 Oktober 2016 Mokdong Fansign] [via: BTS ARMY - Indonesia]

106. Yang dilihat oleh Min Yoongi dari seorang perempuan bukanlah 1. wajah 2. badan 3. atau keduanya, tapi 4. kepribadian. [17 Oktober 2016 Sincheon Fansign] [via: BTS ARMY - Indonesia]

107. Member yang tidak mendengarkan Jin dengan baik adalah semuanya. [17 Oktober 2016 Sincheon Fansign] [via: BTS ARMY - Indonesia]

108. Taehyung menangis setelah membaca pesan dari fans. Aku juga ngga tahu kenapa, tapi ada yang bilang kalo fans itu nanyakan tentang kesehatan neneknya Taetae. Dia megang tangannya si fans lama, trus keluar dari venue setelah itu balik lagi. [17 Oktober 2016 Sincheon Fansign] [via: BTS ARMY - Indonesia & BTS - Kim Taehyung V fanpage]
Edit: aku baru nemu fakta baru tentang foto ini. Ternyata kita salah paham, si V bukannya nangis. Dia cuma bersin gitu, nahan bersinnya sambil megang tangan fans. Nah karena bersinnya keras banget dia sampe nangis. Aku dapet infonya dari BTS - Kim Taehyung V fanpage.



109. Jungkook ingin mengajak Hobie hyung dan tidak mengajak Jin hyung saat pergi ke rumah hantu. Jin hyung kan ngga penakut kayak Hobie. Kalian inget camera prank yg semua member di suruh duduk di depan laptop trus tiba2 diperlihatkan adegan film horror? nah di situ Jin keep calm aja ngga kayak Hobie :-D [17 Oktober 2016 Sincheon Fansign] [via: BTS ARMY - Indonesia]

110. Playboy level Jeon Jungkook: "apa yang kau makan sampai kau sebegini cantiknya?" [17 Oktober 2016 Sincheon Fansign] [via: BTS ARMY - Indonesia]

Update 21 Oktober 2016
111. Manager baru BTS kita => Kim Seokjin :"D [via: Bangtan Sonyeondan - BTS Fanpage]




112. Dream Smile Dental Clinic posted a pic of Suga with their staffs. [via: Yoongied fanpage]

113. Ucapan kemenangan BTS pada #1 win Blood Sweat & Tears 161019 [via: ARMY Indonesia fanpage]
JK: Kepada orangtua kami yang melahirkan 7 lelaki ini, terima kasih
JIN: ARMY I love you so much *flying kiss*
SUGA: Terima kasih banyak karena ARMY kami menerima ini, kepada ibu dan ayahku, I love you

V: Terima kasih banyak kepada orangtua member kami, Nenek Kakek I love you. Terima kasih

JM: kami menerima cinta yang sangat banyak dari semua orang. Kami akan bekerja keras

RM: ARMY, ARMY, semuanya terima kasih banyak dan terima kasih untuk Bang PD-nim dan staff kami dan tak lupa member kami juga. Kami akan bekerja sangat sangat keras

JHope: Terima kasih banyak. Kami mendapatkan Trophy ini karena ARMY. Terima kasih banyak. ah yeaahh~~~*sexy wave*

-Bts update twt




114. BTS menarikan 21st Century Girl saat penutupan fansign. [17 Oktober 2016 Sincheon Fansign] [via: BTS - Suga fanpage]




115. 161019 BTS Twitter Update [via: BTS Suga fanpage] 

"[#오늘의방탄#방탄소년단 이 쇼챔 컴백과 함께 #피땀눈물 첫 1위를 했습니다! 모든 영광을 아미들에게 (ू˃̣̣̣̣̣̣︿˂̣̣̣̣̣̣ ू) #땡큐마니마니"

© bts_bighit 
_

"[Today’s Bangtan] #BTS has won #1 on their Show Champion Comeback Stage! All the honor to our ARMYs (ू˃̣̣̣̣̣̣︿˂̣̣̣̣̣̣ ू) #Thankyousomuch"
- Trans cr. @ bangtanitl

116. Suga twitter 191016 - "Terima Kasih ARMY!! Blood Sweat & Tears!! Kemenangan pertama kami, terima kasih semua. Aku cinta kalian!!!!!"
engtrans by bulletproof_sg 
via: BTS ARMY - Indonesia fanpage

117. Prestasi yang diraih WINGS >< [via: BTS ARMY - Indonesia]



118. SBS Power FM Park Sohyun's Love Game update with BTS. Katanya sih disiarkan tanggal 20 kemarin, tapi aku belum nemu link nya T^T






119. Seorang fans pernah bilang ke Suga kalau Suga ini akan semakin sukses dan menjadi sulit dijangkau oleh siapapun. Nah terus di fansign ini si fans dateng lagi, dia bilang kalo sekarang Suga sudah sulit untuk dijangkau olehnya. Trus Suga megang tangan si fans sambil bilang, "bukankah kita bisa berpegangan seperti ini?" yang menunjukkan kalo Suga sebenernya bisa untuk dijangkau. [161017 Sincheon Fansign]

120. BTS menduduki posisi ke #2 dengan WINGS dan #4 dengan HYYH: Young Forever. Ini list berdasarkan penjualan minggu pertama loh ya, bukan keseluruhan. [via: EXO Indonesia fanpage]



121. [PANN] 161016
Wow International ARMY Membuatku Terharu
Aku melihat komentar di MV Blood Z
Zweat & Taers dan mataku menangkap frase ini;


[ARMY Eropa baru saja bangun. Armys Amerika, kalian bisa tidur kami akan melanjutkannya. Kerja bagus]

Banyak yang membalas komentar ini dan mengatakan mereka armys dari negara lain dan mereka akan bekerja bersama-sama. Serius aku merasa begitu buruk dan aku merinding ketika berpikir tentang I-armys yang mengandalkan K-armys untuk streaming musik ... ini tak main-main!
.
Respon
1. Aku pikir kita harus memanggil mereka Internationalovlies (International + lovlies)
2. Aku pikir mereka jauh lebih keren dari master fansite yang membeli ratusan album untuk memasuki acara fansign hanya untuk menempatkan headbanx di kepala BOYS dan mengambil foto. Kita semua dari negara yang berbeda tapi aku percaya bahwa kita memiliki pikiran yang sama dan bahwa kita erada di pihak yang sama. Armys seluruh dunia, mari kita berjuang♡♡
3. Kita tidak harus memanggil nama dan membenci mereka. K-armys harus streaming dengan usaha ㅠㅠ akj suka fans internasional yang mencoba untuk membantu kami dengan streaming seperti ini daripada K-armys yang tidak melakukan apa-apa
4. Aku benar-benar berpikir kami bisa membariskan tangga lagu dengan lagu-lagu dari album setiap hari jika fans internasional bisa streaming di melon ㅠㅠ ㅠㅠㅠ
5. wow ㅜ Aku pikir au harus menjadi fulltime fans BTS dan paruh waktu fans ARMY .. bagaimana mereka bisa begitu manis!  Aku harus belajar dari mereka dan streaming yang banyakㅎㅎ 4
6. BTS adalah yang pertama (boygroup) untuk peringkat tempat ke-62 di UK Chart

Sumber: http://pann.nate.com/talk/334119575#replyArea
Eng Trans: PEACHISODA
Ina Trans: Lucia- ARMY Indonesia
122. Aku ngga tahu ini acara apa ya, pokoknya Hongbin notice Jungkook, V ama Suga. Dia bilang kalo Jungkook itu baik dalam game McCREE, trus dia juga main game Overwatch bareng tiga orang itu. Beneran deh, aku suka banget kalo ada moment BangVIXX >< Soalnya tuh ya, pas BTS baru debut, mereka ini memperkenalkan diri ke VIXX. Kalo ngga salah sewaktu VIXX comeback Hyde Jekyll :"D Pertemuan mereka menurutku memalukan sekali T^T Tapi baguslah, gara-gara itu mereka jadi deket ><

Update 26 Oktober 

123. Jin pergi ke kampus untuk mengikuti ujian ^^ fighting mama swag :"v [161025 via: BTS ARMY - Indonesia]

124. BTS masuk nominasi Best Male Group & Artist of The Year pada vote MAMA 2016. Mulai vote nya 28 Oktober ya ^^ link => http://mama.mwave.me/

125. BTS Dope MV sudah mencapai 100M viewers pemirsa ^^ chukkae uri boys! :*

126. Aku nggak tahu ini fansign yang mana. Pokoknya ini fans kasih pertanyaan ke Taehyung: "Taehyung-a, apa saja hal yang Jimin lakukan yang bisa membuatmu senang?"
Taehyung melingkari semua pilihan. 1. Memujimu & mengatakan bahwa kau tampan. 2. Mencemaskanmu. 3. Selalu ada di sampingmu. 4. Memelukmu. 5. Pergi bersama. [via: BTS ARMY - Indonesia]

127. Kakaknya Jungkook menggambar pose-pose Suga saat meneriakkan nama J-Hope sewaktu siaran backstage MBCkpop di instagramnya. Nama instagramnya @jeon506 ya ^^












128. "Mereka dipanggil 3 Gadis SMA Tukang Selfie. Taesook, Namsook, Jungsook"
Nama yang berakhiran Suk atau Sook itu biasanya dipake sama perempuan. Liat deh, Namjoon lucu banget :"D Senyumnya jauh lebih feminim dari aku T^T
[via: ARMY Indonesia & PEACHISODA]



129. Periode 17-23 Oktober, BTS ada di posisi #1 dalam HANTEO TOP5 Weekly Album >< [via: BTS ARMY - Indonesia]

130. Q: "Apa artinya Jeon Jungkook bagi Park Jimin?"
A: "Bayiku"

Q: "Apa artinya Park Jimin bagi Jeon Jungkook?"
A: "Manggae-tteuk (smol bean)"

[via: ARMY Indonesia]



131. Q: "Hoseok oppa apa yang ingin kau katakan pada ARMY?"
A: "Jangan khawatir, percayalah pada kami"
[via: BTS ARMY - Indonesia]



TBC