Pelajaran Hidup yang Bisa Diambil dari Suga BTS

Semenjak Suga BTS merilis mixtape pertamanya pada tanggal 16 Agustus 2016, aku yang sebelumnya suka sama Sehun EXO jadi pindah haluan ke Agust D (aka Suga). Ini sih bukan karena aku labil apa gimana jadi kpop fans. Tapi lebih pada pilihan. Aku ini multifan, ya EXO L, ya ARMY, ya Starlight, ya Buddy. Aku mah bukan kpop newcomer, btw aku sudah jadi EXO L sejak tahun 2013, ARMY sejak 2014. Jadi ya suka-suka aku kalo mau ganti bias *smirk

Balik ke topik awal, kali ini aku mau bahas tentang Min Suga. Bagi para kpop fans yang mulai masuk dunia Kpop sejak tahun 2013 pasti tahu siapa Min Suga. Sekilas info, Min Suga adalah member dari BTS yang berperan sebagai rapper dalam grup. Dicarinya mudah kok, tinggal liat saja siapa yang punya gummy smile di grup itu, yang bantet, trus kulitnya paling putih. Dia paling sering gonta-ganti warna rambut, jadi aku ngga bisa beritahu dia pake warna rambut apa sekarang.
Agust D Mixtape
Aku jatuh cinta sama Agust D ini gara-gara dia ngerilis mixtape-nya sehari setelah aku ulangtahun. Coba bayangkan gimana perasaan kalian ketika denger bias ngeluarin album mixtape di hari yang dekat dengan ulangtahun kalian? Sumpah aku seneng banget, berasa kayak dia itu ngasih kado ulangtahun. Haha, delusional banget ya. Tapi emang jujur aku merasa gitu, seolah Min Suga sengaja ngeliris di tanggal itu biar deket sama hari ulangtahunku *smirk

Sejujurnya aku ngga percaya sama cinta pandangan pertama, kekeke. Seneng sih seneng denger Suga ngeluarin mixtape di hari itu, tapi belum memutuskan untuk ngebias. Baru ngebias dia setelah baca semua translate dari lagu-lagu di mixtape-nya. Kakak sepupuku aja yang denger mau nangis, itu lagu semuanya berasal dari kehidupannya, ugh … super sekali tuan Min Suga ini.
Min Suga Predebut
Mungkin bagi yang bukan ARMY akan menganggap Suga itu kurang menarik. Dia mah sering disebut kakek-kakek, ngga pinter dance, ngga pinter nyanyi, itu sih kenyataan sebenarnya *smirk. Tapi siapa sangka kalau ternyata Suga itu menyembunyikan masa lalu yang hebat banget. Di salah satu lagu mixtape-nya berjudul The Last, kita akan disuguhkan gaya rap Suga yang kedengarannya males banget. Awalnya aku pikir ini lagu apa sih, kenapa rap-nya gini-gini amat, mana musiknya ngga banget. Lah ternyata, justru The Last yang paling dicintai daripada lagu utamanya, Agust D. Untuk orang Korea tanpa perlu searching di internet, pasti udah ngerti apa yang dibicarakan Suga dalam lagunya itu. Nah international fans baru bisa paham setelah baca translate-nya. Dia rapper yang legend banget sumpah, ini menurutku sih. Tertulis kalau di usianya yang ke 18 tahun Suga pernah menderita depresi, sociophobia plus OCD. Parahnya dia sampai dibawa ke psikiater sama orangtuanya, ditanya apa dia pernah nyoba bunuh diri. Gara-gara ini aku jadi mulai memperhatikan Min Suga. Padahal kalau dilihat di depan kamera, di interview-interview, dia itu lumayan ceria, senyumnya selalu bikin orang diabetes. Tapi ternyata, aku ngga nyangka dia punya sisi ‘gelap’ kayak gini.

Bang Si Hyuk selaku CEO dari agensi yang menaungi BTS bilang kalau Suga itu suka memberontak tapi justru itu pesonanya. Coba lihat aja di semua album BTS, pasti ada nama Suga di hampir semua lagu. Dia ini kalau sudah masalah dance malesnya kebangetan, tapi kalau sudah nulis lirik atau produksi lagu dia yang paling semangat. Di salah satu interview jaman War of Hormones dia bilang kalau dia selalu bangun tengah malam sementara teman-temannya tidur buat kerja bikin lagu. Keren!!
BTS - Never Mind
Ngebias Suga itu ngga cuma asal ngebias. Ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari kehidupan anak bungsu keluarga Min ini. Khususnya buat anak-anak muda yang cuma menghabiskan masa mudanya buat foya-foya. Yang pertama, di masa-masa ini, kita tidak boleh berhenti berkarya. Masa kalah sama Suga? Dia sudah menekuni dunia musik sejak usia 13 tahun, pernah bekerja di studio musik tapi belum sekalipun mendapatkan hasil. Boro-boro angkat tangan, Suga ini terus saja belajar nulis lirik, produksi lagu ngga peduli mau menghasilkan apa nggak, sampai-sampai pernah sama orangtuanya semua kertas liriknya dibuang biar Suga fokus sekolah. Sekarang sudah kelihatan ‘kan hasilnya? Asal kalian tahu saja, Let Me Know, Autumn Leaves dan Never Mind itu lagu karangannya Suga yang lolos ke album BTS.

Pelajaran kedua yang bisa kita ambil adalah tentang passion. Ngga jauh beda sama yang sebelumnya. Lagi-lagi ini seruan untuk para anak muda yang sekarang masih ada di usia antara 18 sampai 25 tahun. Btw usiaku juga baru 18 tahun, untungnya belum terlambat untuk merubah diri. Maksud dari passion itu bukannya aku nyuruh kalian untuk ikut-ikutan suka musik kayak Suga. Tapi, aku cuma mau mengajak kalian, ayo kita mulai menekuni passion masing-masing. Bagi yang suka musik, jangan cuma menghabiskan waktu untuk dengerin musik atau pergi ke konser-konser, tapi mulailah belajar memainkan alat musik atau kalau bisa belajar memproduksi lagu. Passion itu akan menghasilkan uang kalau kita menekuninya dengan benar. Aku sendiri suka dunia tulis menulis dan blogging, memang sih belum ada yang menghasilkan, tapi tidak ada kata terlambat kok. Kalau kita sudah memutuskan untuk memulai sesuatu, akhirilah jangan sampai berhenti di tengah jalan. Lihat Suga tuh, dia memulai masuk dunia musik sejak usia 13 tahun, tapi baru bisa menghasilkan setelah debut sebagai BTS di usia 20 tahun. Lama? Ya iyalah. Namun yang harus kita ingat, kerja keras itu tidak pernah menghianati hasil.

Sebenarnya sih masih banyak hal dari Min Suga yang bisa kita ambil sebagai pelajaran. Tapi dua hal di atas menurutku sudah mewakili semua hal itu. Intinya, kita harus terus bekerja keras. Jangan ditunda-tundalah. Gimana mau sukses kalau nunda-nunda kesempatan terus? Selagi masih diberi tubuh yang sehat, fisik yang kuat dan otak yang cemerlang, segera buang rasa malas dan bersemangatlah. Jangan bilang kalau tidak ada apapun di dunia ini yang kita bisa, bohong itu mah. Segalanya mungkin, kalau Tuhan menghendaki.


Sampai di sini dulu ya. Makasih yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel abal-abal ini #kekeke. Salam semangat dari (calon) belahan jiwa Min Suga <3